Viral Ringtone Nokia Pak Bas saat Dampingi Jokowi, Ini HP Rp 250.000 Milik Menteri PUPR

Liberty Jemadu
Viral Ringtone Nokia Pak Bas saat Dampingi Jokowi, Ini HP Rp 250.000 Milik Menteri PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte memamerkan HP Nokia mereka pada Oktober 2019 lalu. [Instagram/Kemenpupr]

Pak Pas, sapaan akrab Menteri PUPR Basuki Hadmuljono, diduga adalah Nokia 216. Harganya sekitar Rp 250.000.

Suara.com - Menteri PUPR Basuki Hadmuljono mendadak viral pada Rabu (26/10/2022) setelah sebuah video dirinya mendapat telepon saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam sebuah wawancara beredar luas di media sosial.

Dalam video itu terdengar bunyi ringtone ponsel milik Pak Bas, sapaan akrab Menteri Basuki, ketika Presiden Jokowi sedang berbicara kepada media. Dering ringtone itu sendiri sangat familiar, karena merupakan suara khas ponsel Nokia.

Sontak saja video tersebut disebarkan oleh warganet di berbagai media sosial dengan beragam komentar yang rata-rata memuji kesederhanaan Menteri PUPR tersebut karena masih menggunakan featured phone alih-alih smartphone seperti pejabat lainnya.

Pak Bas dan HP Nokia andalannya memang sudah terkenal. Ia sempat beberapa kali memamerkan HP Nokia miliknya kepada awal media dan HP itu sendiri sering menjadi bintang di kanal-kanal media sosial resmi Kementerian PUPR.

Baca Juga: Jokowi Beli Sepatu Kets Corak Tenun Khas Bali, Menteri Basuki Tak Mau Kalah

Salah satu yang paling dikenang adalah ketika Pak Bas pada 2019 lalu dengan bangga menunjukkan HP Nokianya yang mirip dengan ponsel milik Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

Saat itu, Pak Bas dan Rutte berfoto bersama sambil memamerkan HP masing-masing.

Lalu HP Nokia apa sih yang dipakai Pak Bas? Menurut Hitekno.com, jika melihat tampilan dan ringtone-nya, Menteri Basuki menggunakan Nokia 216. HP ini sebenarnya tidak jadul-jadul amat.

Versi terbaru Nokia 216 diluncurkan pada 2016 lalu. Tetapi kini Nokia tak lagi memproduksi featured phone tersebut.

Nokia 216 memiliki layar 2,4 inci dan RAM 16 GB. Selain itu, HP ini sudah punya layar berwarna dan rintone polyphonic. Ia memiliki satu kamera depan dan satu kamera belakang. Kedua kamera itu sama-sama punya resolusi VGA.

Baca Juga: Menteri Basuki Bantu Bagikan Kaos Jokowi saat Peresmian Revitalisasi Pasar Seni Sukawati

Harga Nokia 216 milik Pak Bas itu, jika melihat di beberapa toko online saat ini, berkisar di angka Rp 250.000.