Alexa

Lima Herbal Ini Bisa Obati Insomnia

Dythia Novianty
Ilustrasi insomnia. [Shutterstock]
Ilustrasi insomnia. [Shutterstock]

Sejumlah herbal diketahui dapat merinngakan insomnia.

Suara.com - Insomnia merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu kenyamanan tidur. Rasa lelah yang diakibatkan serta keadaan selalu cemas, membuat mereka yang mengalami insomnia kerap mengalami depresi.

Namun menurut Dr. Richard Middleton yang menjabat sebagai ketua Herbal Medicine Association di Inggris mengungkapkan, ada sejumlah herbal yang dapat meringankan insomnia.

"Herbal tampaknya bekerja pada sistem saraf pusat dengan mempengaruhi berbagai pemancar neuro. Herbal memiliki tindakan yang lebih lembut dari obat yang diresepkan," ujar Richard.

Namun dia mengingatkan bahwa herbal bekerja lebih lambat dibanding obat-obatan konvensional yang biasa diresepkan dokter.

Seperti yang dikutip dari Dailymail, Dr.Richard Middleton merangkum beberapa herbal yang dapat mengurangi kondisi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur, durasi tidur dan terbangun dalam kondisi segar.

1. Passion Flower

Passion flower atau bunga passion sering digunakan untuk mengurangi kecemasan. Bunga passion sendiri tersedia dalam kemasan tablet.

2. Magnesium

Magnesium merupakan sebuah cairan mineral yang sangat diperlukan oleh otot dan fungsi saraf. Magnesium dapat mengendurkan otot-otot tegang dan menenangkan sistem saraf. Beberapa penelitian juga menunjukkan suplemen magnesium bukan hanya meningkatkan durasi tidur, tapi juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

3. Chamomi

Chamomi atau chamomile adalah ramuan penenang alami yang secara luas dianggap sebagai obat penenang. Efek sedatif yang disebarkan oleh flavonoid (bahan tanaman) yang disebut apigenin, yakni dapat mengikat reseptor di otak dan mengurangi aktivitas otak yang menghasilkan efek menenangkan. Chamomile tersedia dalam kemasan teh maupun suplemen dan disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

4. Ekstrak Cherry

Jus ceri telah terbukti membantu meningkatkan produksi melatonin. Studi terbaru telah menemukan, antioksidan asam yang disebut fenolik alami. Buah ceri juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

5. Tanaman Ashwagandha

Tanaman yang berasal dari India tersebut dikenal mampu mengatasi efek stres. Tanaman ashwagandha dapat ditemui dalam kemasan kapsul.

"Tanaman ini sudah digunakan selama berabad-abad sebagai bantuan tidur dan penenang saat dalam kondisi stres," tutup Richard. [Risna Halidi]


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom