Pedagang Kue Kering Raup Untung Jutaan Rupiah Sehari

Arsito Hidayatullah | Dian Kusumo Hapsari
Pedagang Kue Kering Raup Untung Jutaan Rupiah Sehari
Aktivitas penjualan kue kering di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (12/7/2015). [Suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

Peningkatan keuntungan terutama dirasakan sejak 13 hari jelang Lebaran.

Suara.com - Bulan Ramadan dan momen Lebaran tidak hanya memberikan berkah bagi umat yang menjalankan ibadah dan merayakannya. Berkah hari raya Idul Fitri juga dirasakan oleh beberapa bidang usaha, seperti penjualan kue kering di Pasar Senen. Bahkan untuk usaha ini, omzet yang dihasilkan bisa mencapai jutaan rupiah per hari.

Salah satu dari pedagang kue kering di Pasar Senen, Jakarta Pusat, itu adalah Ilham. Dia mengaku meraup keuntungan hingga Rp3 juta per hari, terutama sejak 13 hari menjelang Lebaran, meskipun ada banyak pedagang lainnya yang juga menjual kue kering.

"Ya, alhamdulilah mbak, sehari bisa sampai Rp3 juta. Ini sejak 13 hari yang lalu mulai ramai. Nanti biasanya puncaknya empat hari menjelang Lebaran. orang kan sudah pada libur. Nah, mereka mulai membeli kue-kue buat Lebaran," kata Ilham, saat berbincang dengan Suara.com, Minggu (12/7/2015).

Kue-kue Lebaran yang dijual Ilham sendiri terdiri dari kastengel, nastar, coco crunch, putri salju, hingga beberapa jenis kue kering lainnya. Harganya berkisar antara Rp50.000 sampai Rp60.000 per stoples. Selain itu, Ilham juga menjual berbagai macam kue kering kiloan, yang dibanderol mulai dari Rp100 ribu hingga Rp150 ribu per kilogramnya.

Namun begitu, Ilham mengaku pendapatannya tahun ini tak secerah dibanding Lebaran tahun lalu. Pasalnya menurutnya, pada momen Lebaran tahun lalu, dia bisa mengantongi keuntungan hingga Rp5 juta per hari. Ilham menilai, turunnya angka keuntungan tersebut disebabkan kondisi perekonomian yang sedang bergejolak, yang membuat daya beli masyarakat menurun.

"Iya, pasti ngaruh mbak. Soalnya apa-apa sekarang serba mahal kan. Semua mengalami kenaikan. Masyarakat juga yang beli mengeluh. Kok mahal sih, kok gitu sih? Tapi saya tetap bersyukur karena penurunan keuntungannya enggak jauh banget," katanya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS