Rachmat Gobel Tegaskan PHK PT Panasonic Cuma 500 Karyawan

Tomi Tresnady | Ummi Hadyah Saleh
Rachmat Gobel Tegaskan PHK PT Panasonic Cuma 500 Karyawan
Mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong saat serah terima jabatan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/8). [Antara]

Rachmat punya 15.000 karyawan.

Suara.com - Executive Advisor PT Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel membantah isu pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di PT Panasonic Indonesia.

"Jadi ada pemberitaan PHK itu tidak demikian," ujar Rachmat dalam diskusi Persepktif Indonesia tentang PHK dan Perekonomian Kita, Rumah Makan Gado-Gado Boplo, di Menteng, Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Mantan Menteri Perdagangan ini menuturkan, dalam industri terjadi persaingan pasar, oleh karena Panasonic melakukan penelitian dan pengembangan dalam produknya, untuk bersaing terhadap penjualan produk. Tak hanya itu, adanya persaingan membuat Panasonic, merubah produk dengan teknologi yang relevan.

"Itu kan industri memang ada persaingan, kita harus memenangkan persaingan. Makanya kita melakukan produk development dan produk efektivitas. Kebetulan produk yang kita buat lampu CFL ( bohlam) menjadi LED ( light emitting diode), ini produk masa depan yang ramah lingkungan," ucapnya

Oleh karena itu, Panasonic merubah strategi terhadap jelang Masyarakat Ekomomi Asean (MEA). Kata Gobel, sebelumnya PT Panasonic memiliki tiga pabrik dan dimerger menjadi dua pabrik.

"Apalagi cost produksi semakin murah, jadi kita merubah strategi, otomatis kita melakukan pengurangan tenaga kerja. Yang tadinya ada tiga pabrik menjadi dua pabrik, jadi efektifitas ini jelang MEA. Ada 15.000 karyawan kita, yang pengurangan hanya 500 orang," tandasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS