Alexa

Mau Kaya tapi Tidak Sarjana, Ini Pilihan Pekerjaan yang Tepat

Angelina Donna
Mau Kaya tapi Tidak Sarjana, Ini Pilihan Pekerjaan yang Tepat

Ingin mulai usaha? Tidak usah menunggu hingga menjadi sarjana.

Suara.com - Bisa berkuliah di universitas favorit sepertinya masih menjadi salah satu cita-cita setiap orang. Meskipun biaya untuk kuliah tidak sedikit. Mereka yang memilih untuk Kuliah, percaya bahwa dengan meraih gelar sarjana, maka kehidupan mereka di masa depan bisa lebih baik.

Walaupun begitu, menjadi sarjana bukan satu-satunya jalan untuk membuat kamu bisa menjadi kaya raya atau mapan secara finansial. Tanpa meraih gelar sarjana pun, ternyata kamu masih bisa loh menjadi orang kaya.

Orang kaya identik dengan memiliki banyak usaha dan tabungan yang cukup, serta sering jalan-jalan keluar negeri. Potret orang kaya saat ini memang seperti itu. Ternyata mereka yang notabene berlebihan dalam hal finansial, tidak semuanya berstatus sarjana. Lihat saja Mark Zuckerberg yang ternyata drop out dari tempat kuliahnya, atau Dian Pelangi yang berhasil sukses dan terkenal hampir di tingkat dunia juga bukan orang yang bergelar sarjana.

Lalu pekerjaan apa yang mereka lakukan sehingga bisa menjadikan mereka kaya raya? Berikut ini pekerjaan yang bisa membuat kamu kaya, tanpa harus bergelar sarjana.

1.Bintang Film
Pekerjaan yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang bintang film. Kebanyakan dari artis dan aktor saat ini yang telah meraih sukses, bahkan membintangi banyak film, ternyata tidak semua bergelar sarjana. Modal untuk bisa menjadi seperti mereka adalah bakat berakting dan tingkat percaya diri yang tinggi. Selain itu, penampilan juga harus diutamakan.

Kamu yang sudah memenuhi syarat tersebut, bisa mulai mengikuti audisi-audisi yang biasanya diadakan di beberapa kota besar. Kamu juga bisa mendaftar ke agen khusus yang sering mencetak artis ternama. Saat ini, media promosi bakat akting juga bisa kamu lakukan secara gratis lewat Youtube. Hanya dengan me-upload video dan sentuhan kreatif dari dirimu, kamu sudah bisa terkenal. Pendapatan rata-rata artis dan aktor ini bisa mencapai puluhan  hingga ratusan juta rupiah.

2.Pramugari dan Pramugara
Bagi kamu yang memiliki postur tubuh yang proporsional, bahkan cenderung tinggi, kamu juga bisa mendaftar sebagai pramugara atau pramugari maskapai penerbangan. Syarat untuk menjadi Pramugara atau Pramugari ini cukup memiliki ijazah SMA saja, serta tinggi badan untuk pria minimal 170cm, dan wanita minimal 160 cm. Kamu juga diharuskan tidak memiliki masalah dengan mata (tidak berkacamata). Gaji yang bisa didapat dari pekerjaan ini sekitar belasan juta rupiah setiap bulannya.

3.Menjadi Penulis
Menurut pakem yang beredar di masyarakat kita, seorang penulis harus memiliki latar belakang pendidikan dari sastra, atau sarjana sastra. Nyatanya, tidak selalu begitu. Kamu bisa melihat kesuksesan J.K Rowling penulis buku Harry Potter Series yang terkenal itu. ia bukanlah seorang penulis yang berbakat dan orang yang mencintai sastra, ia hanya seorang ibu rumah tangga biasa, yang kebetulan hobi menulis cerita. Dengan menjual buku, kita bisa mendapat royalti dalam jumlah yang tidak sedikit. Terlebih jika buku kita masuk kategori best seller.

4.Berkecimpung di Dunia Musik
Kamu suka memainkan alat musik dan mahir memainkannya? Atau suaramu indah untuk didengar? Mungkin kamu bisa bekerja menjadi musisi atau penyanyi nanti. Menjadi musisi juga tidak perlu gelar sarjana. Yang dibutuhkan adalah keahlian kamu dalam memainkan ala-alat musik serta membuat lagu.

5.Petugas Kontrol di Bandara
Setidaknya, kamu yang sudah memiliki gelar diploma bisa melamar kerja sebagai petugas kontrol. Tempat bekerjanya adalah di bandara. Tugas utama dari petugas kontrol ini adalah mengawasi selalu ketika pesawat berada di udara maupun berada di darat. Petugas kontrol harus memastikan bahwa pesawatnya aman dan terkendali. Gaji yang didapat untuk pekerjaan ini berkisar puluhan juta rupiah.

6.Pengembang Situs
Kamu yang berlatar belakang pendidikan IT atau memiliki skill di bidang tersebut, bisa menjadi pengembang situs atau website developer. Pekerjaan ini rupanya banyak dicari saat ini. Pendapatan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang website developer mencapai belasan juta rupiah. Pekerjaan ini memang termasuk pekerjaan yang cukup sulit.

7.Teknisi Lift
Mungkin pekerjaan ini dianggap tidak bergengsi, namun pekerjaan ini memiliki gaji yang lumayan. Menjadi teknisi lift bisa dilakukan tanpa harus meraih gelar sarjana terlebih dulu. Namun, kamu yang ingin menjadi seorang teknisi lift harus memiliki keahlian khusus. Pekerjaan ini juga menyangkut nyawa orang. Pekerjaan yang dilakukan adalah memastikan mesin lift yang ada di beberapa tempat selalu bekerja dengan baik.

8.Buka Usaha Sendiri
Ingin mulai usaha? Tidak usah menunggu hingga menjadi sarjana. Menjadi seorang pengusaha sukses bekalnya hanya terus berlatih dan tidak mudah menyerah. Kamu bisa belajar dari para pengusaha sukses seperti Alm. Bob Sadino, yang awalnya hanya menjual telur, kemudian karena dia termasuk orang yang ulet dan kreatif, maka bisnisnya berkembang pesat hingga saat ini. tentu saja, penghasilan yang didapat juga maksimal.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Mana yang Sebaiknya Dilakukan Saat Butuh Uang, Gadai Emas atau Jual Emas?

Berbeda dari Indonesia, Isi Ulang E-money di 6 Negara ini Gratis

8 Langkah Optimalkan Pemasukan agar Hari Tua Terjamin

Published by
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS