Jika Terbukti Skimming, BRI Siap Mengganti Dana Nasabah

Adhitya Himawan
Jika Terbukti Skimming, BRI Siap Mengganti Dana Nasabah
Kantor cabang BRI di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]

BRI sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi insiden pembobolan dana nasabah di Kediri, Jawa Timur.

Suara.com - Sekretaris Perusahan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Bambang Tribaroto, menegaskan pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi insiden pembobolan dana nasabah di Kediri, Jawa Timur.

"Sehubungan dengan dugaan terjadinya insiden skimming di Kediri, BRI sedang melakukan investigasi internal, baik atas jumlah kerugian nasabah maupun sistem keamanan internal kami," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Rabu (14/3/2018).

Bambang menegaskan bahwa BRI juga telah melaporkan hal ini kepada pihak berwajib.

BRI akan bertanggungjawab penuh terhadap kerugian yang dialami nasabahnya apabila hasil investigasi menunjukkan bahwa terbukti skimming.

"BRI juga telah mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi terjadi hal serupa dengan berbagai langkah yang utamanya dalam rangka untuk mengamankan uang nasabah baik dari sisi teknologi maupun kebijakan," ujarnya.

BRI juga terus menghimbau nasabah agar mengganti PIN secara berkala.

Edukasi keamanan bertransaksi senantiasa kami berikan melalui akun Twitter @kontakBRI, facebook BANK BRI, website bri.co.id, sms, email dan Kantor Cabang BRI seluruh Indonesia.

Sebagaimana diketahui, sejumlah nasabah BRI di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengadukan jika saldo di rekening mereka berkurang. Padahal mereka merasa tidak melakukan transaksi penarikan dana.

"Saya merasa tidak melakukan transaksi apapun. Tapi, ada pesan singkat dari BRI yang memberikan informasi penarikan tiga kali," kata Iriani, salah seorang nasabah asal Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (12/3/2018).

Ia mengaku resah dengan kejadian tersebut. Untuk itu, ia sengaja datang ke kantor BRI di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, untuk memblokir reening. Dengan itu, diharapkan uang yang disimpannya tidak hilang lagi.

Ia juga berharap, ada penjelasan secara resmi dari pihak bank terkait dengan kejadian tersebut. Sebab, selain dirinya, ternyata banyak yang datang ke BRI dengan kasus yang sama. Diharapkan, uang mereka bisa dikembalikan pihak bank.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS