Kemenhub Mau Teruskan MRT sampai Tangerang

Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Kemenhub Mau Teruskan MRT sampai Tangerang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Erick Tanjung)

"Pastinya MRT sampai Lebak bulus itu diteruskan, tetapi kami akan memilih ke mana."

Suara.com - Pemerintah bakal meneruskan jalur transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) sampai ke daerah Tangerang. Saat ini, MRT ‎hanya mempunyai jalur dari Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pemerintah memunyai dua opsi untuk meneruskan jalur MRT, yakni sampai Bumi Serpong Damai (BSD) atau Pamulang.

Menurut dia, opsi tersebut akan dibicarakan lebih lanjut oleh ahli-ahli transportasi massal Jabodetabek.

"Pastinya MRT sampai Lebak bulus itu diteruskan, tetapi kami akan memilih ke mana, ke Pamulang atau BSD," ujar Budi Karya saat ditemui di Balai Kartini, Selasa (18/9/2018).

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ini menuturkan, pemerintah lebih memilih opsi jalur MRT ke BSD dibandingkan ke Pamulang. Pasalnya, sambung Budi Karya, BSD lebih mempunyai prospek yang tinggi.

Dalam hal ini, Budi Karya juga mau menggandeng swasta untuk membangun perpanjangan jalur MRT sampai ke Tangerang. Hal ini agar pihak swasta bisa berperan lebih dalam pembangunan transportasi . ‎

"Kalau mesti jujur ke BSD terus ke selatan lebih prospektif dan yang penting siapa yang mau terlibat dalam pendanaan. Jadi bagaimana swasta itu keluar uang untuk bangun MRT tersebut," tutur dia.

Sementara itu, Budi Karya juga akan melanjutkan pembangunan MRT Phase II dengan rute Bundaran HI-Kampung Bandan. Rencananya pembangunan transportasi massal itu dilakukan pada akhir tahun ini.

"Kami rencana (MRT phase II) Desember 2018 Groundbreaking," pungkas dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS