6 Kunci Sukses Meniti Karier di Era Digital

Arsito Hidayatullah
6 Kunci Sukses Meniti Karier di Era Digital
Ilustrasi karier, kesuksesan. (Shutterstock)

Jika terlalu berpuas diri, Anda akan berhenti untuk mengembangkan hasil yang sudah dicapai dalam karier.

Suara.com - Semua orang mau hidup sukses dalam segala hal, baik karier, kisah asmara, maupun keuangan. Sayangnya, kesuksesan tidak bisa diraih begitu saja dengan mudah, melainkan dengan pengorbanan yang besar.

Tidak sedikit pula orang yang sudah berkorban malah gagal dalam meraih kesuksesan, karena orang tersebut tidak mengikuti jalan sukses sesuai dengan kunci kesuksesan itu sendiri. Agar apa yang sudah dikorbankan tidak sia-sia, ketahui kunci utama kesuksesan dalam meniti karier, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mengisi Waktu untuk Menambah Pengalaman

Banyak orang mengira inti dari bekerja itu hanya sekadar menghasilkan uang saja. Padahal, bekerja sendiri akan memberikan pengalaman yang cukup berharga. Nah, pengalaman inilah yang nantinya akan terbayar dengan bayaran yang setimpal atas apa yang sudah dikerjakan.

Menambah pengalaman sangat penting sebelum terjun ke dunia kerja. Saat libur panjang tiba, gunakan waktu untuk menambah pengalaman. Jangan fokus ke jumlah uangnya dulu, tapi fokuslah pada pengalaman yang akan didapat. Apalagi kalau bisa diterima bekerja di perusahaan yang punya nama, pengalaman tersebut pun akan sangat bernilai.

2. Jangan Mudah Berpuas Diri, Tapi Pertajam Skill

Hasil baik yang didapat saat bekerja jangan dipakai untuk menyombongkan diri atau berpuas diri. Sebab, masih banyak hal baik yang harus dicapai di luar sana. Jika terlalu berpuas diri, Anda pun akan berhenti untuk mengembangkan hasil yang sudah dicapai. Dengan demikian, skill yang dimiliki pun berhenti di situ saja.

Akan lebih baik jika terus-menerus mengasah skill menjadi lebih baik. Dengan keterampilan yang bagus, perusahaan mana pun rela membayarmu dengan jumlah rupiah yang besar. Selain itu, kesempatanmu untuk mengembangkan karier pun terbuka lebar karena sudah memenuhi kualifikasi skill yang sesuai dengan permintaan perusahaan.

3. Terus Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri akan memberikan energi positif dalam diri, sehingga Anda bisa menjadi pribadi yang lebih maju dibandingkan orang lain. Tanpa dibekali rasa percaya diri, Anda akan diselimuti rasa takut untuk tampil di depan umum. Akibatnya, kemampuan yang dimiliki akan semakin terkubur dalam, bukan malah berkembang.

Jika ingin meraih kesuksesan, bangunlah rasa percaya diri yang tinggi, agar kekurangan secara otomatis bisa ditutupi oleh percaya diri tersebut. Dengan demikian, orang lain pun akan menghargai Anda.

4. Terus Bangkitkan Motivasi Diri

Kepintaran seseorang tidak akan berarti jika dirinya tidak memiliki motivasi yang cukup dalam meraih sukses. Motivasi ini sendiri bisa berasal dari orang-orang di sekitar, seperti keluarga, sahabat, pacar, ataupun rekan kerja.

Tapi, sadar atau tidak, Anda-lah yang jadi sumber motivasi terbesar. Sesering apa pun orang lain memotivasi tapi kalau merasa seperti tidak termotivasi, semuanya akan sia-sia. Keinginan untuk hidup sukses pun hanya akan menjadi mimpi belaka.

5. Berhenti Terus Menyalahkan Siapa pun

Dalam meniti karier, ada masa di mana Anda akan dihujani kegagalan secara bertubi-tubi. Kegagalan yang terjadi mungkin bersumber dari orang lain atau mungkin dari diri sendiri. Tapi, jangan pernah menyalahkan siapa pun atas kegagalan yang sudah terjadi.

Stop blaming anyone! Itulah yang harus dilakukan. Belajarlah untuk menatap ke depan dan lanjutkan apa yang sudah Anda mulai. Jika terjadi kegagalan, berarti ada hal yang harus diubah, hingga akhirnya sebuah kegagalan berubah menjadi sebuah kesuksesan.

6. Selalu Tekun dan Gigihlah

Pernah dengar kalimat "orang pintar akan dikalahkan oleh orang yang tekun dan gigih?" Kalimat ini benar. Meskipun kemampuan yang dimiliki pas-pasan, tapi dengan ketekunan dan kegigihan yang disertai dengan kemauan tinggi, mimpi apa pun bisa direalisasikan dalam waktu cepat ataupun lambat.

Ada saat di mana Anda akan lelah berjuang. Tapi, lihatlah ke belakang. Orang lain juga merasakan hal yang sama, tapi kenapa mereka bisa sukses? Karena mereka memilih untuk tetap tekun dan gigih tanpa mempedulikan rasa lelah tersebut.

Terus Berusaha dan Raihlah Sukses

Setelah mengetahui kunci kesuksesan, sekarang saatnya untuk melanjutkan usaha dan perjuangan yang sebelumnya sudah dilakukan. Tidak ada kata lelah, apalagi berhenti untuk berusaha, karena pada akhirnya Anda akan mendapat bayaran yang setimpal dengan besarnya usaha yang sudah dilakukan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Bisa Bayar Kuliah S2 Sendiri

Cara agar Diterima Kuliah di PTN

11 Tempat Wisata Seru di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS