Bos Tokopedia Optimistis 2045 Indonesia Digdaya, Ini Syaratnya

Agung Sandy Lesmana | Dian Kusumo Hapsari
Bos Tokopedia Optimistis 2045 Indonesia Digdaya, Ini Syaratnya
CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. (Suara.com/Doddy Rosadi)

CEO Tokopedia William Tanuwijaya merasa optimistis bahwa Indonesia tidak mustahil akan menjadi negara maju di tahun 2045. Menurutnya, untuk menjadi bangsa digdaya, masyarakat Indonesia harus memiliki pola pikir growth mindset dan bermimpi terbuka.

Suara.com - CEO Tokopedia William Tanuwijaya merasa optimistis bahwa Indonesia tidak mustahil akan menjadi negara maju di tahun 2045. Menurutnya, untuk menjadi bangsa digdaya, masyarakat Indonesia harus memiliki pola pikir growth mindset dan bermimpi terbuka.

"Jadi, orang-orang growth mindset ketika melihat sebuah tantangan, dia tahu dia tidak bisa karena dia belum tahu saja cara untuk menyelesaikan tantangan itu seperti apa. Namun, dia akan mencari materi-materi atau belajar atau mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Kalau gagal dia tahu bahwa dengan cara ini gagal, saya cari tahu cara lainnya," kata William saat menjadi pembicara dalam Seminar Hari Oeang ke-72 bertema "Dialog Lintas Generasi: Melanjutkan Estafet Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045" di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, pada Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, growth mindset juga bisa diterapkan di berbagai masalah dan sebagai pemimpin pun bisa menyiapkan timnya agar memiliki growth mindset.

William pun mengutip pernyataan bapak pendiri bangsa sekaligus mantan Presiden RI Soekarno yang dianggap termasuk dalam growth mindset. Merujuk kata-kata Bung Karno, kata dia, generasi milenial sangat bisa bermimpi setinggi langit dalam mewujudkan cita-citanya termasuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045.

"Bung Karno juga menitipkan tentang growth mindset. Bermimpilah setinggi langit jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Ini quote favorit saya. Buat saya sebagai generasi milenial, kita kalau bisa bermimpi setinggi langit, penting sekali buat saya untuk bermimpi dengan mata yang terbuka," ujarnya.

Ia menafsirkan, bermimpi merupakan upaya konsisten untuk menuju sesuatu yang hendak dicapai. Namun, kata William, sebuah mimpi kemungkinan besar akan terwujud jika dipikirkan dan dijalankan secara konsisten.

"Kalau kita bisa bermimpi, berpikir, berucap dan melakukannya itu konsisten, tidak ada mimpi yang terlalu tinggi untuk tercapai. Jika semua milenial memiliki growth mindset dan bermimpi dengan mata terbuka, saya yakin sekali 2045 Indonesia emas tidak lagi jadi negara berkembang, tetapi kita sudah menjadi negara maju," tegasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS