facebook

Survei: Orang Indonesia Baru Mulai Hidup Sehat di Usia 40 Tahun

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Survei: Orang Indonesia Baru Mulai Hidup Sehat di Usia 40 Tahun
Survei Herbalife sebut orang Indonesia baru mulai hidup sehat di usia 40 tahun. (Suara.com/Firsta Nodia)

Survei menyebut orang Indonesia baru memulai gaya hidup sehat di usia hampir setengah baya. Benarkah?

Suara.com - Gaya hidup sehat sebaiknya dimulai sejak dini agar kesehatan terjaga hingga tua. Tapi uniknya, survei menyebut orang Indonesia justru baru memulai gaya hidup sehat di usia hampir setengah baya.

Hasil survei 2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey yang dirilis Herbalife Nutrition menemukan fakta menarik mengenai konsep menua dengan sehat bagi konsumen di Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Salah satunya fakta yang menyebutkan bahwa 6 dari 10 masyarakat Indonesia menganggap bahwa usia 40 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mencoba pola hidup sehat.

"63 Persen menyatakan usia 40-45 tahun adalah rentang usia yang tepat untuk memulai hidup sehat. Sementara 13 persen lainnya mengatakan usia 46-50 tahun merupakan usia yang tepat dan 12 persen mengatakan usia 51-55 tahun usia yang tepat untuk menyiapkan diri menua dengan sehat," ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Andam menambahkan, survei ini sendiri dilakukan selama Agustus 2018 lalu yang melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Survei ini, kata dia, dilakukan untuk memahami arti menua dengan sehat bagi konsumen di Asia Pasifik.

Baca Juga: Hasil Survei : Ini Tren Pernikahan Milenial

"Selain itu, survei ini ditujukan untuk memahami langkah apa yang telah diambil dan hal apa saja yang berpengaruh dalam menghadapi fase penuaan yang sehat seiring bertambahnya usia bagi masyarakat di Asia Pasifik," tambah dia.

Survei ini kata Andam juga menunjukkan mayoritas dari responden Indonesia yakni mencapai 70 persen meyakini bahwa arti dari menua dengan sehat adalah jika tidak mengalami penyakit kronis dan akut. 69 Persen responden juga menyatakan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga di masa tuanya.

Temuan yang cukup menggembirakan, kata dia, adalah mayoritas responden di Indonesia, yakni 71 persen, percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi usia senja dalam kondisi sehat. Bahkan 90 persen responden Indonesia mengatakan mereka sadar akan pentingnya mengubah pola hidup dalam menghadapi penuaan.

"Di Herbalife Nutrition, kami juga mempercayai bahwa sangat banyak manfaat yang akan kita dapat jika kita secara aktif menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjaga asupan akan nutrisi seimbang yang diimbangi dengan aktifitas fisik sekaligus akan memberi manfaat pada kesehatan kita dalam jangka panjang," tambah Andam.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Garry Small, Ahli Kesehatan Otak dan Penuaan di The University of California, Los Angeles (UCLA) mengatakan bahwa sebaiknya perubahan pola hidup untuk menua dengan sehat dimulai sejak usia dini. Seseorang harus menjaga nutrisi yang diasupnya dan menjalani aktivitas fisik untuk tetap sehat dan bugar di usia tua.

Baca Juga: Jaga Gaya Hidup Sehat, Jika Anda Punya Turunan Penyakit Jantung

"Hidup sehat sebaiknya dimulai sejak anak-anak. Tapi saya tekankan tidak ada kata terlanbat untuk memulai gaya hidup sehat. Studi menunjukkan kalau kita bisa menurunkan berat badan maka ada kemungkinan fungsi kognitif kita akan naik dan terhindar dari kepikunan ketika tua," tambah Prof Garry.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS