Aqua Bakal Gunakan Kemasan Botol Daur Ulang

Vania Rossa | Achmad Fauzi
Aqua Bakal Gunakan Kemasan Botol Daur Ulang
Ilustrasi botol plastik. (Foto: shutterstock)

Rencana ini akan mulai berjalan tahun depan.

Suara.com - Produsen minuman air mineral Aqua , PT Tirta Investama (Danone Indonesia), bakal menggunakan botol daur ulang untuk kemasannya. Sehingga Aqua nantinya akan menjadi minuman air mineral pertama yang gunakan botol daur ulang plastik.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, mengatakan bahwa rencananya Aqua akan meluncurkan produk air mineral kemasan 1,1 liter yang botolnya 100 persen diproduksi dari plastik daur ulang.

Karyanto menyambung, botol daur ulang merupakan hasil produksi industri mitra perusahaan di Bandung. Bahan baku flakes plastik dipasok dari enam titik pengepul binaan yang tersebar di Tangerang, Bandung, Bali, Lombok, dan Kepulauan Seribu.

"Peluncuran produk air minum dalam botol plastik daur ulang awal tahun depan merupakan bentuk dari komitmen kami untuk menjaga lingkungan. Plastik seharusnya menjadi bahan baku dan tidak bertebaran di lingkungan sebagai sampah, oleh karena itu kami manfaatkan kembali," ujar dia di Hotel Grand Zuri, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Saat ini, tutur Karyanto, perusahaan telah menjalankan inisiatif menjaga kelestarian lingkungan dengan mengumpulkan dan mengolah plastik bekas kemasan air minum sejak 1993.

"Dalam setahun kami bisa mengumpulkan 12.000 ton plastik bekas kemasan air minum untuk di daur ulang. Kalau dulu lebih tahun 1993, produk cacahan plastik di ekspor karena belum ada industri yang bisa memproduksi botol daur ulang di Indonesia. Tapi mulai sekarang bisa kami olah dengan memenuhi standar SNI, BPOM, serta bersertifikasi halal agar masyarakat nyaman menggunakannya," jelas dia.

Karyanto pun menargetkan, pada 2025, 50 persen produk kemasan Aqua akan gunakan kemasan botol daur ulang.

"Saat ini 70 persen bisnis adalah galon yang kemasan dapat digunakan ulang sehingga sudah memenuhi prinsip sirkular. Komitmen kami menjadi perusahaan yang 100 persen sirkular, menggunakan limbah kemasan plastik untuk bahan baku kemasan produk kami," pungkas dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS