Blusukan ke Sarinah, Mendag Imbau Warga Beli Produk Lokal

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Blusukan ke Sarinah, Mendag Imbau Warga Beli Produk Lokal
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. [Antara/Agus Setyawan]

Kualitas produk lokal juga tidak kalah dengan produk impor.

Suara.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat agar memilih produk lokal dibandingkan produk impor.

Mantan Ketua Real Estate Indonesia (REI) ini menerangkan, saat ini pasar Indonesia sudah dibanjiri produk impor. Maka dari itu, pihaknya ingin pasar-pasar Indonesia itu diisi oleh produk dalam negeri.

"Kini produk-produk Indonesia di tengah persaingan antar negara, kita tidak mungkin melarang, tidak mungkin menghambat dengan era globalisasi seperti ini. Yang lebih utama adalah bagaimana pasar kita sendiri kita isi dan pakai dengan seluruh produk-produk yang kita bisa hasilkan," ujar Mendag di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (16/12/2018).

Menurut Mendag, kualitas produk lokal juga tidak kalah dengan produk impor. Salah satunya, produk kopi Indonesia yang telah banyak diekspor.

"Makanan dan minuman kita bagus-bagus dan sudah masuk di luar negeri, seperti kopi kita kemudian processed food yang juga sudah sampai pada ekspor," tutur dia.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Ketua Umum Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia Nita Yudi. Dirinya mengatakan, dengan menggunakan produk lokal maka perekonomian Indonesia ikut tergerak.

Ketua IWAPI mengusulkan pemerintah membuat peraturan yang mewajibkan masyarakat menggunakan produk lokal.

"Saya mengusulkan sebagai Warga Negara Indonesia seharusnya pemerintah mengeluarkan PP yang mewajibkan WNI menggunakan dan mencintai produk-produk dalam negeri, ini sudah pasti UMKM akan berjaya dan pemerintah pun harus memfasilitasi para UMKM untuk berani ekspor," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS