Kementerian PUPR Fasilitasi Tukang Cukur Asal Garut Miliki Rumah

MN Yunita
Kementerian PUPR Fasilitasi Tukang Cukur Asal Garut Miliki Rumah
Program Satu Juta Rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Dok: PUPR)

Perumahan akan dibangun di Desa Cilawu, Kecamatan Ngamplangsari, Kabupaten Garut.

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan siap membantu tukang cukur agar mereka dapat memiliki rumah yang layak huni.

Bantuan perumahan ini merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR untuk mendorong keterlibatan komunitas di masyarakat agar ikut dalam pembangunan rumah.

“Bulan ini kami berencana untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah untuk para tukang cukur di Garut,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR , Khalawi Abdul Hamid kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Khalawi menerangkan, keberadaan para tukang cukur asal Garut saat ini telah menyebar ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Akan tetapi, mereka juga telah membentuk komunitas ataupun paguyuban tukang cukur asal Garut.

Paguyuban tersebut kemudian mengkoordinir iuran bulanan dari para anggotanya. Iuran tersebut kemudian dikumpulkan untuk membeli sebidang tanah yang akan dijadikan lokasi perumahan bagi para anggotanya yang memang membutuhkan rumah.

“Jadi para tukang cukur tersebut sudah menabung dari iuran bulanan tersebut untuk dibelikan tanah. Dan kami berupaya memfasilitasi agar mereka juga mendapat bantuan perumahan dari Kementerian PUPR sehingga impian mereka untuk memiliki rumah bisa lebih cepat terwujud,” tandasnya.

Ia menambahkan, tidak tertutup kemungkinan Kementerian PUPR akan membantu komunitas selain tukang cukur asal Garut yang memang membutuhkan rumah. Untuk itu, dirinya berharap agar komunitas-komunitas yang ada di masyarakat bisa bergerak bersama untuk mendukung pelaksanaan Program Satu Juta Rumah ini.

Berdasarkan data yang ada, pembangunan rumah untuk para tukang cukur asal Garut tersebut nantinya akan dibangun di Desa Cilawu, Kecamatan Ngamplangsari, Kabupaten Garut. Selain pembiayaan perumahan, Kementerian PUPR juga akan memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) perumahan seperti jalan lingkungan dan saluran air untuk perumahan tersebut.
“Kami juga berencana mengundang Presiden Joko Widodo untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah tukang cukur asal Garut ini,” katanya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS