Soal Dana Riset, Wapres JK: Jangan Terbentur Biaya, Mulai Saja Dulu

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Soal Dana Riset, Wapres JK: Jangan Terbentur Biaya, Mulai Saja Dulu
Jusuf Kalla. (Antara)

JK mengatakan riset bisa berjalan tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui dana untuk riset dan pengembangan masih rendah. Namun Wapres JK menyebut rendahnya angaran yang diberikan pemerintah tidak menyurutkan niat sejumlah pihak melakukan riset.

Menurut JK, riset bisa berjalan tanpa harus mengeluarkan dana yang besar. Dia mencontohkan media sosial Facebook yang memulai tanpa menggunakan dana yang begitu besar.

"Kalau kita sejarah riset itu, itu kan sederhana saja. Coba lihat Facebook mulai itu kan cuma kecil-kecilan dan mulai di kampus. Jadi tidak butuh yang besar, tapi mulai aja dulu," ujar JK di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

JK kemudian menyarankan pada peneliti untuk mencari pendanaan lain di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yaitu swasta jika kekurangan dana untuk mengerjakan riset.

"Nah kalau dibutuhkan kerja sama dengan lembaga dan perusahaan. Kan anggaran bukan hanya APBN tapi juga perusahaan membuat riset," kata dia.

JK menyebut yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pemfokusan riset. Saat ini, kata JK, semua sektor ingin melakukan riset, sehingga tidak terfokus dan hasilnya tidak kelihatan.

"‎Sekarang ini terlalu terbagi macam-macam, semua merasa penting. Mungkin kita bicara fokus tentang riset, tentang pangan, nanti kita bicarakan. Fokus ada dulu supaya setiap tahun ada yang dicapai dengan baik," imbuhnya.

Lebih jauh JK mengatakan, sebenarnya riset tidak perlu dikerjakan dari awal. Dia bilang, pengerjaan riset bisa digabungkan dengan teknologi yang sudah ada sebelumnya.

"‎Tidaak perlu dari nol kan, katakanlah soal IT, tidak perlu dari nol, sudah ada penemuan-penemuan. Jadi diaplikasikan seperti apa, jangan semua terbentur dari biaya, tergantung dari kemauan dan fokusnya, gitu kan. Sebenarnya sejarah startup yang itu semuanya mulai dari di garasi, tidak mulai dengan tiba-tiba besar, muncul," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS