Terungkap Mengapa Pesawat Jadi Sepi Penumpang, Ini Biang Keroknya

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Terungkap Mengapa Pesawat Jadi Sepi Penumpang, Ini Biang Keroknya
Ilustrasi bandara. (Shutterstock)

BPS mencatat penumpang domestik angkutan udara menurun.

Suara.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penumpang domestik angkutan udara pada Januari 2019 mencapai 6,66 juta penumpang. Angka itu, turun 16,07 persen dibandingkan bulan Desember 2018.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti mengatakan, penurunan jumlah penumpang tersebut karena adanya peralihan masyarakat dari angkutan udara ke angkutan darat.

Hal ini disebabkan karena adanya Tol Trans Jawa yang menyambungkan Jakarta-Surabaya.

"Dengan adanya tol yang langsung Jakarta-Surabaya itu membuka peluang angkutan darat masih ada kenaikan. Jadi beralih ke angkutan darat apalagi ada tol Jakarta-Surabaya," Kata Yunita di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Selain itu, Yunita melanjutkan, penetapan bagasi berbayar juga membuat para penumpang beralih ke jalur darat.

Tidak hanya itu, kenaikan tarif tiket pesawat yang juga masih terjadi membuat pesawat sepi penumpang. BPS mencatat andil inflasi dari tiket pesawat pada Januari tercatat sebesar 0,02 persen.

"Kalau kita mundur lagi Desember 2018 andil udara 0,19 persen, November 2018 0,05 persen. Jadi dari November-Desember naik tinggi angkutan udara, berlanjut ke Januari 0,02 persen. Dan Februari masih naik juga tetapi kecil, hampir sama lah dengan Januari," jelas dia.

Meski demikian, penurunan ini juga memang sudah menjadi pola musiman, karena pada Desember 2018 merupakan puncaknya penumpang angkutan udara.

"Jadi ‎penurunan ini pola musiman sebetulnya karena di Desember sudah mengalami kenaikan sehingga di Januarinya turun‎," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS