Satu Jembatan Lagi, Lampung - Sumsel Bakal Disatukan Tol Trans Sumatera

Reza Gunadha
Satu Jembatan Lagi, Lampung - Sumsel Bakal Disatukan Tol Trans Sumatera
Ruas tol Trans Sumatera. (Dokumen: KemenPUPR)

"Saat ini hanya ada satu jembatan yang belum selesai pengerjaannya di Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumsel."

Suara.com - Proyek Tol Lampung - Palembang Tunggu Penyelesaian Jembatan Sungai Sodong, Mesuji OKI

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M Basoeki Hadimoeljono optimistis, Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lampung – Sumatera Selatan bakal segera tersambung dan beroperasi pada Juni 2019.

Ia menuturkan, Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar di Lampung sejak Jumat (8/3) mulai beroperasi setelah diresmikan Presiden Jokowi.

”Jadi tinggal melanjutkan dari Terbanggi Besar ke Kota Palembang sepanjang 350 kilometer. Kami yakin ini segera diselesaikan, Juni nanti beroperasi," kata Basoeki di PSCC, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (09/03/2019).

Optimismenya itu timbul setelah memeriksa kondisi pembangunan jalan tol di daerah Pematang Panggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Saat ini hanya ada satu jembatan yang belum selesai pengerjaannya di Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumsel. Untuk jembatan sepanjang 120 meter ini kami targetkan April selesai," ujarnya.

Kalau jembatan itu rampung, Kemen PUPR bisa segera melakukan pengerasan jalan pada bulan Juni. Kemudian baru bisa terintegrasi mulai dari Terbanggi Besar, Pematang Panggang, Kayuagung dan Palembang.

Presiden Jokowi sendiri menegaskan, pembangunan jalan tol di Indonesia merupakan proyek yang besar dan harus berkelanjutan hingga selesai. Jalan Tol Bakauheni, Lampung - Palembang ini akan disambungkan hingga ke seluruh daerah di Sumatera.

Jokowi menilai, integrasi jalan tol di Pulau Sumatera dapat memunculkan titik pertumbuhan perekonomian yang baru.

Tidak hanya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga bisa membuat kawasan wisata yang baru dan lama akan lebih berkembangan dan mudah untuk diakses.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS