Bersiap! Bakal Ada Bus Tol Trans Jawa Rute Jakarta - Surabaya

Reza Gunadha | Muslimin Trisyuliono
Bersiap! Bakal Ada Bus Tol Trans Jawa Rute Jakarta - Surabaya
Tol Trans Jawa. (Suara.com/Adam Iyasa)

"Kami akan membuat pembatasan busnya seperti harus premium, harus ada toilet, sabuk pengaman, WIFI, jelasnya.

Suara.com - Kementerian Perhubungan RI berencana membuka trayek bus yang melewati Jalan Tol Trans Jawa, dan ditargetkan tersedia sebelum Lebaran 2019.

Sementara ini, trayek baru yang direncanakan itu adalah jurusan Jakarta – Surabaya. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiadi mengatakan, sedang mengkaji rencana tersebut.

Hasil penelitian sementara menunjukkan, 90 persen publik tertarik kalau bus Jakarta – Surabaya bisa melalui Tol Trans Jawa.

"Skemanya jangan keluar dari Tol Trans Jawa, agar waktu tempuhnya cepat. Jadi, bus nantinya hanya melalui Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya,” kata Budi Setiadi di gedung Kementerian Perhubungan, Selasa (19/3/2019).

Sementara 10 persen warga yang menjadi objek kajian menunjukkan minat agar ada trayek bus Tol Trans Jawa yang menuju Kota Semarang atau Solo, Jawa Tengah.

"Ini bisa disiasati dengan membangun area peristirahatan di Semarang dan Solo. Jadi, di setiap rest area bus bisa menurunkan atau menaikkan penumpang.”

Rencana itu juga, kata dia, disambut positif oleh perusahaan-perusahaan otobus. Namun, pihaknya sedang membuat standarisasi untuk operator bus yang berminat.

"Kami akan membuat pembatasan busnya seperti harus premium, harus ada toilet, sabuk pengaman, WIFI,” jelasnya.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS