4 Bisnis Sampingan dengan Modal Minim, Cocok untuk Karyawan

Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara
4 Bisnis Sampingan dengan Modal Minim, Cocok untuk Karyawan
Ilustrasi perempuan berbisnis [shutterstock]

Bila kalian menginginkan mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji pokok di perusahaan, kalian bisa mencoba memulai bisnis sampingan

Suara.com - Menjadi karyawan sebuah perusahaan tentu memiliki gaji yang terbatas. Namun, bila kalian menginginkan mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji pokok di perusahaan, kalian bisa mencoba memulai bisnis sampingan.

Jangan langsung khawatir harus punya modal besar. Ada beberapa bisnis sampingan yang hanya membutuhkan modal sedikit namun bisa memberikan hasil cukup memuaskan.

Berikut Suara.com merangkum beberapa bisnis sampingan dengan modal minim yang bisa kalian coba seperti dilansir dri Moneysmart.id.

1.   Katering

Katering bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Hanya dengan modal sedikit sekitar Rp 2 juta, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa mengganggu jam kerja kantoranmu.

Bisnis ini justru sangat cocok untuk karyawan karena kamu bisa menargetkan rekan sekantor sebgai pelanggan tetap. Kamu bisa memulai bisnis dengan melayani sedikit pelanggan terlebih dahulu, bila peluang semakin besar kalian bisa menambah tenaga untuk membantu memasak.

2.   Personal Trainer

Bagi kamu yang hobi berolahraga atau nge-gym, bisnis sampingan menjadi personal trainer patut kalian coba. Hanya dengan modal membeli peralatan olahraga yang mumpuni, seperti kaus dan sepatu, kalian bisa menjadi personal trainer.

Sebelum memutuskan menjadi personal trainer pastikan kamu rutin latihan agar penampilan fisik meyakinkan. Bila secara kemampuan olahraga sudah mumpuni, kamu bisa menawarkan diri menjadi personal trainer saat malam hari atau saat weekend agar jam kerja kantor tidak terganggu.

3.   Angkringan

Bisnis angkringan juga menjadi salah satu pilihan bisnis sampingan yang sangat menggiurkan. Pasalnya, angkringan bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang kelaparan di tengah malam atau sekadar ingin ngemil dan bersantai ria sembari mengobrol dengan teman.

Dengan modal yang cukup murah sekitar Rp 2 jutaan, kamu bisa memulai bisnis ini. Sesuaikan dengan menu makanan yang akan disajikan di angkringan nanti. Untuk menghemat biaya sewa, kamu bisa mncoba membuka angkringan di rumah.

4.   Jasa Jahit dan Vermak Non-obras

Membuka jasa jahit dan vermak pakaian juga bisa menjadi salah satu alternatif bisnis sampingan yang kamu bisa pilih. Selain mudah, bisnis ini tidak mengganggu jam kerja kantormu, bisa dilakukan saat malam hari.

Saat ini ada berbagai macam mesin jahit dengan harga terjangkau Rp 2 jutaan. Pastikan kamu memiliki kemampuan menjahit ya sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS