Ini Jurus Kemenkominfo Minimalisir Kesenjangan Informasi di Desa Terpencil

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Ini Jurus Kemenkominfo Minimalisir Kesenjangan Informasi di Desa Terpencil
Schneider Electric perkenalkan Hybrid Cloud untuk kelola data center. (Suara.com/Muslimin)

Kemenkominfo sedang mengembangkan tiga solusi untuk menjembatani kesenjangan informasi di desa terpencil.

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini sedang mengembangkan tiga solusi untuk menjembatani kesenjangan informasi di desa terpencil di Indonesia. Ketiga solusi yang sedang dikembangkan yaitu digital ekonomi, digital society dan digital government.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Dwi Anggono saat menghadiri acara Schneider Electric Innovation Day 2019 di Hotel Fairmont.

"Yang menarik kita mengajak industri dan akademisi untuk mencari solusi mengatasi menjembatani kesenjangan informasi yang ada di Indonesia," ujar Bambang Dwi Anggono di Hotel Fairmont, Kamis (4/4/2019).

Bambang menjelaskan, pengembangan pertama digital ekonomi diharapkan pelaku industri bisa memanfaatkan informasi teknologi atau IT dengan sistem cloud yang disediakan pemerintah.

Kedua pengembangan digital society menyangkut alat komunikasi dan penyedia layanan data untuk pemerataan desa terpencil.

Ketiga pengembangan digital government untuk institusi pemerintah. Namun untuk pengembangan digital government di desa terpencil menurutnya masih terkendala jarak yang cukup luas di Indonesia.

"Penggunaan IT yang belum terjamah di tingkat desa terkendala ketika di tingkat terkecil di desa karena luasnya Indonesia dan terbatasnya energi listrik di tingkat desa terpencil, solusinya kita berikan satelit untuk memberikan sinyal sampai desa terpencil," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS