Penampakan Menhub Budi Karya Sumadi Masuk ke Kolong Bus

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Penampakan Menhub Budi Karya Sumadi Masuk ke Kolong Bus
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kolong sebuah bus. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan sidak ke Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat.

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hari ini Selasa (7/5/2019) melakukan sidak ke Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat. Sidak ini untuk memastikan kelaikan angkutan bus di Bandung.

Setibanya di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) langsung bergegas ke terminal Leuwipanjang.

Sesampainya, di Terminal Menhub melakukan uji kelaikan di beberapa bus, mulai dari kaca, ban, indikator speedometer, sampai masuk ke kolong bus untuk mengecek mesin kendaraan. Tak lupa, Budi Karya juga mengecek surat-surat kendaraan bus tersebut.

Setelah mengecek, Budi Karya menyampaikan, tahun ini merupakan mudik yang baru bagi warga wilayah barat menuju timur.

Pasalnya tahun ini, Jalan Tol Trans Jawa sudah tersambung, sehingga masyarakat pastinya banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalan mudiknya.

Akan tetapi, Budi Karya meminta agar masyarakat lebih memilih angkutan umum terutama bus. Karena, jika semuanya menggunakan kendaraan pribadi, maka akan timbul kemacetan.

"Kalau kita lihat sama-sama angkutan pribadi itu bakal terjadi bagi mereka yang ingin menggunakan jalan tol. Karena jalan tol akan selesai dari Jakarta-Semarang-Solo sampai Surabaya, pasti orang ingin coba kan," kata dia di Terminal Leuwi Panjang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019).

"Tapi kami sampaikan Jalan Tol juga bisa pakai bus, bisa cepat. Karena kalau kendaraan pribadi makin banyak menimbulkan kemacetan," Budi Karya menambahkan.

Budi Karya mengimbau, agar masyarakat tidak menggunakan sepada motor dalam perjalanan mudiknya. Sebab, menurut Budi Karya kecelakaan terbesar disumbang dari pemudik sepeda motor.

"Jangan naik motor kalau mudik, karena bahaya, tahun lalu kecelakaan yang naik motor itu 70 persen, karena capek kan," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS