Gandeng DANA, Baznas Kembangkan Layanan Zakat Digital

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Gandeng DANA, Baznas Kembangkan Layanan Zakat Digital
Kerja sama Baznas dan DANA. (Suara.com/ Dian Kusumo Hapsari).

Kerja sama ini diharapkan dapat melayani banyak pezakat Indonesia.

Suara.com - Di era digital yang kian pesat, banyak hal bisa dilakukan melalui ponsel pintar. Bahkan membayar zakat dan berdonasi pun bisa dilakukan dengan mudah.

Melihat peluang tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus mengembangkan layanan berbasis digital untuk mempermudah masyarakat dalam beramal. Salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan dompet digital DANA.

Kerja sama ini diharapkan dapat melayani banyak pezakat di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, mengungkapkan, alasan utama  kerja sama ini adalah saat memasuki bulan Ramdan, yang mana kegiatan beramal mengalami peningkatan.

“Untuk meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat, kami melakukan kerja sama dengan beberapa keuangan digital, agar masyarakat di Indonesia dapat dengan mudah berbagi,” ujar Arifin di Kedai Pelangu, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Arifin menjelaskan, masyarakat hanya perlu membuka menu "Bayar" pada aplikasi DANA, kemudian pilih "Pindai" untuk memindai QR Code untuk berzakat dan berdonasi melalui Baznas pada poster, stiker, atau selebaran yang tersebar di daerah Jabodetabek dan media sosial Baznas.

“Berzakat dan berdonasi makin mudah melalui QR Code DANA. Donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan dalam program Ramadan dan program-program pemberdayaan mustahik, mulai dari bidang ekonomi, pendididikan, kesehatan, dakwah, dan kemanusiaan,” katanya.

Sebagai bentuk awal kerja sama Baznas dengan DANA, ada tiga jenis layanan berzakat dan berdonasi nontunai melalui teknologi QR Code yang dihadirkan, yakni QR Code Zakat Fitrah, QR Code Zakat, dan QR Code Infaq.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS