Pemerintah Sebut Harga Bawang Putih Berangsur Turun Jelang Lebaran

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Pemerintah Sebut Harga Bawang Putih Berangsur Turun Jelang Lebaran
Pedagang bawang putih impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (16/5).

Harga bawang putih menjelang lebaran sudah mengalami penurunan.

Suara.com - Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag), Srie Agustina mengatakan, harga bawang putih menjelang lebaran sudah mengalami penurunan. Diketahui harga bawang putih saat ini di pasar tradisional Rp 40 ribu jenis honan dan Rp 45 ribu jenis kating per kilogram.

Hal tersebut diungkapkan saat melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Menurutnya, dari hasil pantauannya hari ini di Pasar Minggu dan Pasar Jatinegara, harga bawang putih terpantau stabil.

"Harga bawang putih secara signifikan sudah mulai turun dari harga Rp 80 ribu - Rp 90 ribu tadi ada dua jenis bawang putih yang honan sekitar Rp 40 ribu dan kating sekitar Rp 45 ribu turunnya," ujar Srie Agustina, Rabu (29/5/2019).

Meski sudah mengalami penurunan harga tujuan Kemendag melakukan pemantauan harga bahan pokok untuk menjaga kestabilan harga.

Meski sudah mengalami penurunan harga ia berharap harga bahan pokok seperti bawang putih bisa kembali normal diangka Rp 30 ribu - Rp 32 ribu untuk per kilogramnya.

"kita berharap harganya tetap turun secara signifikan yang kita harapkan Rp 32 ribu di pasar rakyat dan Rp 30 ribu di retail modern," tambahnya.

Srie menerangkan ada 11 macam kebutuhan pokok yang dipantau seperti daging, bawang, cabai, gula hingga beras.

Menurutnya bila ada salah satu bahan pokok yang mengalami peningkatan menjelang lebaran pemerintah akan menambah mensuplai ke pasar.

"Intinya adalah dalam rangka menghadapi lebaran tahun ini alhamdulillah stok cukup harga stabil," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS