Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Ramuan Bawang Putih Buat Pasien Jantung Tak Perlu Pasang Ring, Mitos Fakta?

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Ramuan Bawang Putih Buat Pasien Jantung Tak Perlu Pasang Ring, Mitos Fakta?
Ilustrasi dada berdebar, serangan jantung. (Shutterstock)

Masyarakat harus menimbang ulang penggunaan obat herbal yang belum diteliti secara ilmiah.

Suara.com - Ramuan Bawang Putih Buat Pasien Jantung Tak Perlu Pasang Ring, Mitos Fakta?

Konsumsi obat herbal dipilih pasien yang khawatir dengan efek samping obat-obatan kimia. Padahal khasiat dari obat-obatan herbal perlu diteliti lebih lanjut agar tidak membahayakan nyawa pasien.

Salah satu ramuan yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah khasiat ramuan bawang putih bagi pasien jantung. Dalam channel Youtubenya 'Vito Damay', dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospital Lippo Vilage, dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA, mengatakan bahwa ada pasiennya yang mengklaim tak perlu pasang ring setelah mengonsumsi ramuan bawang putih secara rutin.

"Ada pasien datang ke saya 3-4 tahun lalu disarankan pasang ring tapi dia nggak mau. Alasannya macem-macem, takut, merasa nggak perlu. Jadi menurut dia nggak perlu pasang rimg. Akhirnya dia minum ramuan sari bawang putih. Lalu obat dokter diminum nggak? Dia bilang nggak sama sekali karena obat menurut dia meracuni ginjal," ujar dr Vito dalam vlog yang diunggahnya dua bulan lalu.

Pasien tersebut, kata dr Vito juga mengaku tak pernah mengalami keluhan seputar penyakit jantung yang dideritanya. Hingga akhirnya dr Vito meminta pasiennya melakukan pemeriksaan untuk melihat apa benar ramuan bawang putih bisa mengatasi penyempitan pembuluh darah jantung.

Ternyata setelah menjalani pemeriksaan, pasien tersebut memang tidak perlu pasang ring jantung, melainkan harus menjalani metode Bypass atau operasi bedah jantung terbuka. Alasannya karena penyempitan yang dialami pasien sudah sangat parah.

"Kita periksa gula darahnya jelek, kolesterol tinggi. Saya nggak bilang ramuan bawang putih nggak baik. Tapi seberapa jauh dia bisa mengurangi penyempitan pembuluh darah. Seberapa jauh dia menurunkan kolesterol. Itu saya nggak tahu," ujar dr Vito.

Pasien pun diam mendengar diagnosis dr Vito. Jadi lewat video ini, dr Vito ingin mengajak masyarakat agar menimbang ulang penggunaan obat herbal yang belum diteliti secara ilmiah. Hal yang dikhawatirkan kata dia, kondisi pasien justru lebih parah dan harus menjalani tindakan yang lebih serius.

"Saya bukan anti obat herbal tapi tolong konsultasikan sejujurnya dengan orang yang kompeten. Tanyakan fungsinya apa benar menurunkan kolesterol. Apa benar bisa melunturkan bekuan darah. Atau bisa mengatasi penyempitan pembuluh darah. Harusnya bersikap bijak dengan informasi yang didapat terutama obat herbal. Ini untuk kesehatan Anda dan keluarga Anda," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS