Sumbangsih Ani Yudhoyono Terhadap Pembangunan Ekonomi Indonesia

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Sumbangsih Ani Yudhoyono Terhadap Pembangunan Ekonomi Indonesia
Ani Yudhoyono semasa mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ibu Negara. [Antara/Anis Efizudin]

Ani Yudhoyono juga mendapatkan penghargaan dari dunia. Salah satunya mendapatkan, penghargaan pin emas dari M Yunus, pemegang Nobel Perdamaian 2006

Suara.com - Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura. Ia wafat setelah berjuang melawan kanker darah selama empat bulan sejak Febuari 2019.

Sepeninggal Ani Yudhoyono, banyak kesan yang tertinggal. Salah satunya di bidang ekonomi. Banyak sumbasih yang diberikan ibu Ani hanya semata-mata untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Berikut sumbangsih yang diberikan Ani Yudhoyono untuk perekonomian Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber:

Dikutip dari web Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam artikel yang dimuat pada 2016 tahun silam, Ani Ani Yudhoyono secara konsisten melakukan berbagai terobosan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan melalui program-program Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) melalui 5 pilarnya yaitu Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif dan Indonesia Peduli.

Dari sisi Indonesia Pintar, Ani Yudhoyono memberikan rumah pintar, mobil pintar, kapal pintar dan pendidikan pemberdayaan ekonomi perempuan. Hal ini semata-mata untuk memberikan akses layanan pendidikan bermutu di lingkungan kurang beruntung dan terpencil.

Kemudian Indonesia Sehat, Ani Yudhoyono mengimplentasikan dengan Mobil Sehat (Mohat) dan Motor Sehat (Torhat). Selain itu, dalam program ini masyarakat juga diarahkan untuk peduli sanitasi, menciptakan rumah yang sehat dan layak huni serta membantu menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Selanjutnya Indonesia Hijau, Ani Yudhoyono mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan gerakan menanam pohon seperti program Tanam dan Pelihara (T&P) dimana termasuk dukungan bagi Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTP), program Mobil Hijau (MOH), program Pemeliharaan dan Pemberdayaan Lingkungan (PPL).

Pada Indonesia Kreatif dan Peduli, Ani Yudhoyono berjuang dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sesuai dengan potensi lokal dan petensi Sumber Daya Manusia, dengan penggunaan Metode One Village One Product yang dikembangkan di dalam Sentra Kriya yang ada di seluruh Rumah Pintar yang tersebar di Indonesia.

Ani Yudhoyono juga mendapatkan penghargaan dari dunia. Salah satunya mendapatkan, penghargaan berupa pin emas dari M Yunus (Pemegang Nobel Perdamaian 2006 dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh).

Penghargaan itu didapat karena komitmen Ibu Ani tanpa henti mendorong dan mengembangkan UKM dan Kredit Mikro Indonesia melalui program PERKASSA (Program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Indonesia Kreatif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS