Besok Lebaran, Pedagang Ini Sebut Pembeli Kulit Ketupat Sepi

Silfa Humairah Utami | Achmad Fauzi
Besok Lebaran, Pedagang Ini Sebut Pembeli Kulit Ketupat Sepi
Pedagang kulit ketupat di Pasar Cibubur sepi pembeli. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Apa penyebab pembeli ketupat sepi Lebaran ini?

Suara.com - Besok Lebaran, Pedagang Ini Sebut Pembeli Kulit Ketupat Sepi.

Tahun ini penjualan kulit ketupat sepi pembeli di Pasar Cibubur. Pedagang kulit ketupat, Husan (50) ditemui Suara.com, bingung ke mana lagi kulit ketupat ia jajakan.

Pria setengah baya ini merasa heran pada Ramadan dan Lebaran tahun ini, karena jarang para raja datang membeli kulit ketupatnya.

Padahal, pada Lebaran Haji atau Idul Adha kulit ketupatnya ludes terjual. Bahkan, ia kekurangan pasokan kulit ketupat pada Idul Adha.

"Ini saya engggak tau kenapa sepi gini. Udah dua hari ini ya. Walaupun masih ada yang beli, tapi ya enggak sebanyak Idul Adha," katanya saat ditemui di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019).

Pria asli Jakarta ini merasa rugi jika keadaan terus begini. Pada tahun ini, dia telah mengocek kantong lebih dalam dengan keluarkan modal sebesar Rp 1,5 juta.

Dengan modal itu, ia bisa membuat ketupat sebanyak 4.000 buah kulit ketupat. Akan tetapi, hingga mendekati lebaran baru terjual 2.000 buah terjual.

Bahkan saking ingin cepat ludesnya, Husan mengobral kulit ketupatnya hingga Rp 5.000 satu ikat. Padahal, harga satu ikat yang berisikan 10 kulit ketupat dibanderol Rp 10.000.

Namun Husan tak patah arang, dirinya bakal terus berjualan hingga kulit ketupatnya habis tak tersisa.

"Ya mau bagaiamana. Ini saya udah buat ketupatnya. Ya mau enggak mau harus dijual sampe habis," tutur dia.

Pedagang kulit ketupat lainnya, Tocid (42) yang juga merasakan lesunya pembeli pada tahun ini. Ia pun menuding pada tahun ini banyak masyarakat yang berpulang kampung jadi alasan sepi pembeli.

Hal ini dinyatakannya, sebab penglarisnya yang biasa datang membeli tak kunjung datang.

Meskipun demikian, baik Husan maupun Tocid tak patah semangat untuk terus menganyam dan menjual kulit ketupat. Karena, bilang Tocid, rezeki sudah ada yang ngatur dan tak akan ke mana, yang penting sudah berusaha.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS