Ini Trik Bagi yang Berminat Untung Besar dari Investasi Berlian

Arsito Hidayatullah
Ini Trik Bagi yang Berminat Untung Besar dari Investasi Berlian
Ilustrasi investasi berlian, batu mulia. [Shutterstock]

Catat dan ikuti beberapa tips berikut ini untuk meraup untung maksimal dari investasi berlian.

Suara.com - Investasi dalam bentuk berlian mungkin merupakan salah satu hal yang menarik. Sebab, batu mulia ini memang memiliki nilai yang terbilang sangat tinggi di pasaran. Di antara batu mulia lainnya, berlian menjadi yang paling mahal dan terbilang langka. Tak heran bila banyak orang yang ingin memilikinya.

Batu yang satu ini hanya ditemukan di beberapa wilayah saja di dunia, dan dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi dalam proses penambangannya. Jadi, wajar saja jika harganya juga akan sangat tinggi di pasaran.

Produk terbatas dengan jumlah peminat yang luar biasa banyak, harga berlian tentu akan semakin tinggi seiring dengan berlalunya waktu. Potensi keuntungan yang bisa diberikan investasi ini cukup besar, terutama jika Anda bisa mengelolanya dengan tepat.

Berlian pada umumnya dibuat dalam bentuk perhiasan, sehingga Anda bisa memakainya selama menjadikannya sebagai produk investasi Anda. Batu mulia yang satu ini bisa jadi hanya berupa perhiasan mungil yang mudah disimpan, dan Anda tidak akan membutuhkan ruang penyimpanan yang luas untuknya.

Menjadi batu yang paling keras di muka bumi ini, sangat kecil pula kemungkinan berlian akan rusak oleh benturan ringan saja, kecuali jika berlian tersebut palsu. Berlian juga memiliki acuan yang jelas dalam penilaian harganya.

Biasanya, nilai berlian ini didasarkan beberapa hal, antara lain tingkat kejernihan, karat, dan juga ukurannya. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, investasi berlian ini tentu sangat menggiurkan, bukan?

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk investasi berlian, perhatikan tipsnya. Berikut cara untuk meraup untung maksimal dari investasi berlian, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Investasi Berlian dengan Jelas sejak Awal

Sebagaimana investasi lainnya, investasi berlian ini juga harus Anda lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai rencana Anda mendapatkan keuntungan besar justru berakhir dengan sejumlah kerugian, hanya karena Anda tidak memahami dengan baik investasi yang terbilang cukup mahal ini.

Pastikan Anda mempelajari dan memahami dengan baik berbagai detail dalam investasi yang satu ini, sehingga kelak Anda bisa mengelolanya dengan cara paling tepat pula.

2. Pahami Secara Detail Karakter Berlian

Saat memutuskan akan berinvestasi pada suatu instrumen, maka Anda wajib mengenal dan memahami dengan baik instrumen investasi tersebut. Hal yang sama juga berlaku dalam investasi berlian.

Harga berlian dipengaruhi oleh tingkat kejernihan warnanya, di mana semakin jernih warna sebuah berlian maka akan makin tinggi juga harganya. Dalam hal ini, Anda perlu memahami dengan baik sistem 4C di dalam berlian, yakni Color (warna), Cut (potongan), Carat (karat), dan juga Clarity (kejernihan).

Meski pada umumnya berlian yang sudah dalam bentuk perhiasan memiliki setting (rangka) yang membuatnya semakin indah, namun setting biasanya tidak termasuk dalam penilaian. Pastikan Anda memahami dengan baik seluruh karakter berlian ini sejak awal, agar Anda bisa melakukan investasi dengan lebih mudah dan aman.

3. Berapa Anggaran Anda untuk Investasi Ini?

Jangan mencampuradukkan dana investasi Anda dengan yang lainnya. Sebab, hal ini berisiko menimbulkan masalah di dalam keuangan.

Tentukan besaran dana investasi Anda dengan jelas, sehingga Anda bisa mengelolanya secara mudah. Hal ini akan menghindarkan Anda dari masalah overbudget dalam investasi berlian tersebut.

4. Ketahui dengan Jelas Apa yang Akan Anda Beli

Bukan hal yang asing lagi jika investasi sudah banyak dilakukan secara online, termasuk investasi berlian. Hal ini tentu lebih berisiko, mengingat Anda tidak akan melihat fisik berlian yang akan Anda beli.

Meski begitu, pembelian seperti ini tetap bisa Anda kelola dengan baik, jika Anda memahami dengan benar berlian apa yang akan Anda beli tersebut. Pastikan hal ini melalui sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh para ahli di bidangnya, sebab setiap berlian yang asli akan memiliki sertifikat seperti ini.

5. Jangan Lupa Melakukan Perbandingan Harga dan Gunakan Logika

Semakin jernih dan langka sebuah berlian, maka akan semakin mahal pula harganya. Anda tentu akan berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar di masa yang akan datang, sebab berlian langka biasanya memiliki banyak peminat.

Namun hindari untuk membeli dengan terburu-buru. Anda tetap perlu melakukan perbandingan harga terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah berlian.

Pada umumnya, harga yang ditawarkan oleh produsen akan jauh lebih murah daripada harga yang bisa Anda dapatkan melalui perantara, yang tentu saja akan mengambil sejumlah keuntungan.

6. Selalu Lakukan Diversifikasi

Dalam setiap investasi yang dilakukan, pastikan Anda tidak melupakan diversifikasi. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda melakukan investasi berlian ini, di mana Anda perlu berinvestasi dalam beberapa jenis berlian yang berbeda.

Bukan hanya jenisnya, tapi juga cara pembelian dan penempatan berlian. Diversifikasi akan membantu Anda mengelola investasi dengan lebih baik, termasuk menghindari potensi kerugian dalam jumlah besar sekaligus.

7. Pahami dan Kelola Risikonya Sebaik Mungkin

Sama dengan investasi lainnya, investasi berlian juga akan memberi Anda sejumlah risiko. Penting bagi Anda untuk memahami berbagai risiko ini dengan baik sejak awal, mengingat investasi berlian juga akan membutuhkan dana yang cukup besar.

Sebagai investasi jangka panjang, Anda tentu membutuhkan waktu yang tepat untuk melepas atau menjual berlian Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Teliti dan Sabar dalam Menjalankan Investasi Berlian

Berlian menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan keuntungan cukup tinggi. Namun penting Anda pahami dengan baik, bahwa investasi yang satu ini merupakan investasi jangka panjang. Pastikan Anda memahami dengan baik dan memiliki jumlah dana yang cukup untuk berinvestasi berlian, sehingga aktivitas investasi yang Anda lakukan bisa memberikan keuntungan maksimal di masa yang akan datang.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Profil Lo Kheng Hong, Miliarder Saham Indonesia yang Pernah Hidup Susah

Tidak Harus Mahal, Berapa Modal untuk Investasi Berlian?

Cerita Sukses Sosialita Poppy Hayono Isman, Dari Pegawai Jadi Pengusaha Perhiasan

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS