Canggih! Ini 4 Cara Pengiriman Uang Zaman Now

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Canggih! Ini 4 Cara Pengiriman Uang Zaman Now
Ilustrasi Digital Banking, Bank, Mobile Bangking, Online Banking. (Shutterstock)

Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula metode pengiriman uang dari masa ke masa.

Suara.com - Metode pengiriman uang sudah sering dilakukan oleh masyarakat sejak dulu. Namun, dengan seiring berkembangnya zaman, berkembang pula metode pengiriman uang dari masa ke masa. Di masa lalu banyak orang masih menggunakan cara-cara konvensional, seperti lewat kantor pos, wesel, dan lainnya.

Perlahan, masyarakat mulai mengenal fasilitas ATM karena dirasa jauh lebih mudah dibandingkan harus repot-repot lagi menggunakan kantor pos maupun wesel. Namun dewasa ini, sedikit demi sedikit masyarakat mulai banyak yang melakukan transaksi uang melalui jalur digital.

Alasannya, jalur digital sangat mudah diakses dan sangat praktis dalam penggunaannya. Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet saja, berbagai aktivitas mengirim uang dapat dilakukan secara real-time atau langsung saat itu juga ke kota lain dan bahkan ke luar negeri. Berikut contoh pengiriman uang menggunakan jalur digital saat ini.

1. PayPal

Jika Anda baru pertama kali mendengar tentang PayPal, PayPal merupakan sistem pengiriman uang secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Dengan memiliki PayPal, Anda dapat memiliki kemudahan yang terdapat dalam sebuah rekening online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima uang dari orang yang memiliki akun PayPal.

Agar Anda dapat memiliki akun PayPal, ada beberapa persyaratan yang harus Anda miliki. Pertama, Anda harus memiliki alamat e-mail yang valid dan dapat diakses setiap saat.

Kedua, Anda harus menyiapkan identifikasi diri anda seperti KTP sebagai persiapan jika Anda diminta melakukan verifikasi. Ketiga, Anda juga harus menyiapkan statement bulanan kartu kredit yang masih aktif untuk proses verifikasi.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

2. Google Wallet atau Checkout

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan Google Wallet atau Checkout. Pastinya Google sudah bukan hal yang asing lagi di masyarakat. Dewasa ini, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan Google, terlebih karena anda dapat menemukan informasi apapun di dalamnya.

Google Wallet atau Checkout merupakan layanan pengiriman uang yang difasilitasi Google. Untuk menggunakannya, Anda tinggal instal dari Playstore pada Android, lalu isi saldo melalui akun Google milik Anda. Selain itu, Google Wallet/Checkout juga dapat menyimpan informasi kartu kredit, debit maupun gift card yang sudah diverifikasi Google untuk melakukan transaksi.

Untuk mengirim uang melalui layanan ini, Anda hanya perlu memilih ikon lampiran di Gmail, lalu pilih opsi kirim uang atau meminta uang, selesai. Menariknya lagi, Anda juga dapat menggunakan alamat e-mail non-Google untuk mengaktifkan layanan ini.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik di sini

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS