Jualan Online Susah Laku? Coba 5 Trik Jitu Ini

Iwan Supriyatna
Jualan Online Susah Laku? Coba 5 Trik Jitu Ini
Ilustrasi jual beli online/ belanja online/ jualan online. (Shutterstock)

Kalau foto produk yang Anda tampilkan biasa-biasa saja atau hanya ala kadarnya, maka jangan harap calon pembeli tertarik.

Suara.com - Berjualan secara online saat ini memang banyak digandrungi tak hanya kaum hawa namun juga kaum adam pun melakukan hal tersebut. Selain bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah sambil menjalani rutinitas kerja, jualan online pun bisa memberikan warna baru di kehidupan sehari-hari.

Ternyata, jualan online pun punya strategi tersendiri jika produk yang Anda jual ingin dibeli atau minimal dilihat oleh calon pembeli.

Foto produk dengan kualitas baik menjadi salah satu cara efektif agar calon pembeli tertarik membeli produk yang Anda jual.

Kalau foto produk yang Anda tampilkan biasa-biasa saja atau hanya ala kadarnya, maka jangan harap calon pembeli tertarik.

Lantas bagaimana cara menghasilkan foto dengan kualitas baik tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa seorang fotografer profesional. Berikut lima trik yang bisa dicoba seperti dilansir dari Moneysmart.id jaringan Suara.com.

1. Usahakan menggunakan resolusi semaksimal mungkin

Lensa Sony 24mm F1.4 GM diluncurkan di Jakarta, Jumat (19/10). [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Ilustrasi kamera. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Kualitas sebuah kamera smartphone saat ini emang gak kalah dengan kamera profesional pada umumnya. Banyak smartphone yang saat ini dibekali dengan kamera layaknya fotografer pro!

Saat ini banyak banget kamera smartphone yang udah dibekali dengan resolusi di atas 5 megapixel. Dengan resolusi segitu kamu mampu banget menghasilkan hasil foto yang ciamik banget.

Tipsnya kali ini adalah kamu mesti maksimalkan resolusi yang ada di smartphone mu. Lakukan pengaturan pada resolusi udah gitu jangan lupa buat ISO juga pilih yang tepat. Paling penting juga white balance yang sesuai dan lain sebagainya.

2. Hindari penggunaan zoom yang berlebihan

Ilustrasi lensa kamera. [Shutterstock]
Ilustrasi lensa kamera. [Shutterstock]

Ketika kamu tengah membuat sebuah foto buat barang jualan atau produk usakan jangan menggunakan zoom yang berlebihan. Jika objek yang mau diambil dengan jarak jauh, kamu usahakan gak menggunaka zoom ya.

Perbesaran dengan menggunakan fitur zoom cuma bikin gambar yang dihasilkan bakal pecah nih. Usahakan kamu gak menggunakn fitur zoom saat menciptakan sebuah foto barang jualan atau produk.

Biar hasil foto sangat memukau dan ciamik, kamu mesti mengambilnya dengan jarak dekat.

3. Gunakan background yang keren dan sesuai

Blackberry Z3 Jakarta Edition (Blackberry Indonesia).
Ilustrasi edit background (Blackberry Indonesia).

Poin ini juga sangat penting nih saat menciptakan sebuah foto produk yang profesional. Gunakan background yang sesuai dengan barang jualan kamu atau online shop mu.

Kamu bisa menggunakan background polos atau senada sesuai dengan barang-barang yang kamu jual. Pilih background yang gak terlalu tabrakan ya karena bakal bikin orang malas melihatnya.

4. Manfaatkan pencahayaan yang bagus

Ilustrasi Lighting Control melalui ponsel pintar. [Shutterstock]
Ilustrasi Lighting Control melalui ponsel pintar. [Shutterstock]

Pencahayaan juga sangat mempengaruhi hasil jepretan foto kamu lho. Usahakan maksimalkan pencahayaan saat tengah berfoto-foto produk kamu.

Jika dirasa pencahayaan kamu kurang terang, manfaatkan cahaya lampu duduk yang bisa digunakan agar komposisi foto sangat keren. Lebih bagus lagi kamu memanfaatkan cahaya matahari lho agar hasilnya lebih natural.

5. Pandai dan manfaatkan semaksimal mungkin fitur editing

Mengedit foto ala Turkish Blue Sky. [Twitter]
Mengedit foto ala Turkish Blue Sky. [Twitter]

Banyak selebgram maupun influencer memanfaatkan fitur editing saat berencana mengunggah foto di laman Instagram miliknya. Begitu pula dengan kamu yang memiliki jiwa bisnis dan pengin mendapatkan hasil foto barang jualan dengan tampilan menarik.

Manfaatkan fitur editing yang terdapat di Apps Store maupun Google Play Store. Di sana kamu bakal menemukan ribuah aplikasi buat mengedit foto dengan hasil yang beragam.

Apalagi kalau kamu memiliki smartphone yang udah terbaru pasti bakal mudah banget nih mengedit dan jepret foto barang jualan dengan hasil maksimal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS