Pesawat R80 Impian BJ Habibie Segera Diwujudkan Pemerintah RI

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Pesawat R80 Impian BJ Habibie Segera Diwujudkan Pemerintah RI
[Suara.com/Ema Rohimah]

Pemerintah akan berkomitmen untuk merealisasikan ide Habibie.

Suara.com - Meski mantan Wakil Presiden Baharudin Jusuf (BJ) Habibie telah wafat, tapi idenya akan selalu dikenang. Salah satunya yaitu ide pembangunan pesawat terbang R80.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pemerintah akan berkomitmen untuk merealisasikan ide Habibie.

Untuk diketahui, pembangunan R80 masuk 3 program prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla 2014-2019.

"Kemudian ada program pesawat terbang, ada yang akan dikembangkan oleh Kemenperin, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie," kata Darmin dalam sebuah Seminar di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Selain itu, Darmin tengah mencari investor dalam menjalankan proyek pesawat terbang tersebut. Dalam data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) proyek pesawat itu membutuhkan dana Rp 6,75 triliun.

Di sisi lain, Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menuturkan, pemerintah juga akan melanjutkan proyek strategis nasional (PSN) yang digunakan untuk pemerataan ekonomi Indonesia.

Untuk diketahui, pada periode 2014-2019 pemerintah memiliki 223 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan 3 program prioritas dengan nilai investasi mencapai Rp 4.180 triliun.

Adapun, hingga September 2019 terdapat 81 PSN yang telah beroperasi dengan nilai investasi mencapai Rp 390 triliun.

"Tentu saja kita masih perlu membangun infrastruktur baru karena belum cukup apa yang kita bangun sekarang ini walaupun hasilnya sudah relatif terlihat," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS