Menhub Minta Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Beroperasi Sabtu Minggu

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menhub Minta Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Beroperasi Sabtu Minggu
Pelabuhan Tanjung Priok.

Menhub mendapati bahwa kinerja bongkar muat Petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok kurang maksimal.

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (6/10/2019). Dari kunjungan tersebut Menhub mendapati bahwa kinerja bongkar muat Petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok kurang maksimal.

Apalagi pada Sabtu dan Minggu kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok disetop.

"Selama ini barang-barang itu relatif tidak maksimal di Sabtu Minggu, oleh karenanya saya minta ke tim untuk aktifkan Sabtu Minggu," kata Menhub, Minggu (6/10/2019).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini meminta operator untuk melayani arus bongkar muat yang di maksimalkan pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu.

"Kalau ada pelayanan maka ini bisa beroperasi tidak hanya 1 kali seminggu tapi bisa 2-3 kali, kemacetan juga berkurang. Bayangkan kalau berkumpul di Kamis dan Jumat maka keluar masuk dari sini jadi mengantri," jelas dia.

Budi Karya berharap pelayanan arus bongkar muat petikemas di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok meningkat hingga 8 juta TEUs tahun ini, setelah pada tahun 2018 lalu sudah mencapai 7,5 juta TEUs.

"Kalau mau dinaikkan jadi 10-12 juta masih bisa, masih ada kapasitas tak perlu memperbesar pelabuhan. Yang perlu dilakukan bagaimana dari pelabuhan-pelabuhan di Surabaya, Makasssar, Palembang terkonsolidasi kesini. Sehingga kapal-kapal besar datang ke sini frekuensinya lebih banyak," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS