Investor Asal China Hingga Perancis Minat Biayai Bandara Singkawang

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Investor Asal China Hingga Perancis Minat Biayai Bandara Singkawang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Fakhri)

Dengan proses itu, diyakininya pembangunan Bandara Singkawang tak akan menemui kendala.

Suara.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pintu lebar kepada swasta untuk menggarap pembangunan Bandara Singkawang. Tak terkecuali, menawarkan ke investor asing.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah banyak asing yang telah menyatakan minat untuk mendanai pembangunan Bandara di Kalimantan Barat itu.

"Saya pikir banyak sekali, ini surprising terima kasih mungkin lebih dari 10 bahkan 20. Di antaranya (Changi), ada Perancis, Kanada, Korea Selatan, Jepang, China," ujar Budi Karya saat ditemui di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jalan Gatot Subroto, Senin (7/10/2019).

Dalam menjaring investor, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini akan menggunakan cara dan ketentuan pemilihan investor yang telah dilakukan pada Bandara Labuan Bajo.

"Saya pikir antara kita dan swasta bisa mengukur dan berikan proposal. Seperti yang pengalaman kita di Labuan Bajo itu suatu diskusi baik sekali, karena ada proses berpikir yang baik untuk berikan terbaik untuk Labuan Bajo. Sama seperti Singkawang, formatnya tak akan sesederhana kalau kita bangun sendiri," jelas dia.

Dengan proses itu, diyakininya pembangunan Bandara Singkawang tak akan menemui kendala. Apalagi, tambah Budi, pembangunan Bandara Singkawang bakal ditangani oleh tangan yang profesional.

"Kita yakini bahwa dengan lakukan KPBU banyak pihak ikut serta lakukan FS sehingga keberhasilannya akan kita jamin. Apalagi kita libatkan profesional, tim juri yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu untuk awasi proses ini. Kita yakin ini jadi contoh yang baik untuk semua infrastruktur yang lebih profesional," ucap dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS