Lowongan Kerja Indonesia On Demand di Tahun 2020

Dythia Novianty | Dian Kusumo Hapsari
Lowongan Kerja Indonesia On Demand di Tahun 2020
Lowongan Kerja. (Dok: Glints).

Terutama lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

Suara.com - Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga lapangan dan lowongan kerja Indonesia yang baru-baru ini muncul. Terutama lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

Hal ini dapat dibuktikan menurut laporan dari World Economic Forum tahun 2016, ada 5 jenis pekerjaan yang diprediksikan akan sangat dicari di tahun 2020. Yang membuatnya menarik, semuanya merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Jadi, apa saja sih 5 lowongan kerja Indonesia yang memiliki potensi di tahun 2020?

1. Data Analyst
Suka berurusan dengan data-data? Mungkin kamu cocok jadi seorang Data Analyst. Seorang data analyst beetugas untuk menerjemahkan data-data yang bersifat angka. Kemudian mereka menyusun data-data tersebut menjadi bentuk laporan agar dapat lebih mudah untuk dibaca dan dipahami oleh orang lain, karena nantinya data-data tersebut akan dijadikan sebagai panduan pengambilan keputusan.

Seorang Data Analyst tentunya harus menguasai kemampuan bahasa pemrogramman (Java, XML, dll), fasih menggunakan software pengolah data, mereka juga harus memiliki kemampuan analisa dan matematika yang baik. Ini dikarenakan seorang Data Analyst harus berurusan dengan Big Data atau data-data dalam jumlah besar, baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

Prospek kerja sebagai Data Analyst sangatlah besar. Bahkan berdasarkan IBM, lowongan kerja untuk profesi yang berkaitan dengan data (termasuk Data Analyst) akan mengalami peningkatan sebanyak 364,000 di tahun 2020, secara global. Tentu saja tidak terkecuali untuk demand Data Analyst di lowongan kerja Indonesia.

2. Sales dan Marketing
Ini dia lowongan kerja Indonesia yang dari dulu nggak ada matinya. Karena dasarnya, sebuah produk bisnis tidak akan dapat sukses kalau tidak ada Sales dan Marketing yang membantu mempromosikannya. Dan lagi, meskipun di eradigital seperti ini, justru metode kerja Sales dan Marketing berubah menjadi semakin efektif dan cepat dengan bantuan teknologi.

Sales dan Marketing adalah dua pekerjaan yang berbeda. Singkatnya, Sales memiliki tanggung jawab untuk menjual produk kepada konsumen, sedangkan Marketing bertugas mengimplementasikan strategi pemasaran produk berdasarkan trend pasar, cara promosi, dan lain-lain. Pekerjaan mereka memang terdengar mudah, namun untuk mencapai target adalah hal yang sulit.

Seorang Sales harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, apalagi tugas mereka juga termasuk untuk berhubungan 1 on 1 dengan klien. Sedangkan Marketing adalah orang-orang yang bekerja di belakang layar, menyusun strategi promosi, kampanye produk, melakukan research, dll.

Masih banyak lowongan kerja Indonesia untuk dua profesi ini, terlebih dengan banyaknya berbagai macam bisnis dan melejitnya perkembangan startup di Indonesia, terutama untuk loker Jakarta. Tertarik untuk mencobanya?

3. Human Resources Specialist
Human Resource atau biasa yang disingkat HR, merupakan salah satu jabatan penting dalam perusahaan. Di balik perusahaan yang sukses, adalah karyawan-karyawan yang memiliki potensi dan etos kerja yang baik. Disinilah tugas utama HR, yaitu merekrut orang-orang yang mumpuni untuk menjadi karyawan suatu perusahaan.

Seorang HR bertanggung jawab dalam proses perekrutan karyawan baru untuk perusahaannya. Mereka juga bertugas untuk mengawasi dan mengadakan pelatihan untuk karyawan. Mereka harus mampu merekrut karyawan yang memiliki kualitas, di tengah ketatnya persaingan memperebutkan talent.

Seperti yang dikutip dalam World Economic Forum, sebanyak 63 persen perusahaan memilih untuk melakukan pelatihan untuk meningkatkan skills karyawannya. Dan HR diharapkan untuk dapat membantu dalam proses pelatihan. Karena itulah, prospek kerja untuk HR akan selalu ada karena setiap perusahaan membutuhkan HR untuk merekrut dan melatih orang-orang yang tepat untuk perusahaan.

4. Software Developers
Software Developers adalah salah satu profesi yang sedang naik karena perkembangan teknologi yang sangat pesat. Semua perangkat lunak yang kamu miliki di laptopmu, adalah hasil kerja dari seorang Software Developers. Mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat dan mengevaluasi perangkat lunak agar dapat terus berkembang, sesuai dengan preferensi klien-kliennya.

Berdasarkan data dari Bureau of Labour Statistics, prospek kerja Software Developers meningkat hingga 24 persen, angka ini melebihi angka prospek kerja lainnya. Demand untuk Software Developers sangatlah tinggi, lowongan kerja Indonesia pun banyak yang sedang mencari Software Developers. Bahkan banyak yang mau membayar lebih untuk dapat merekrut Software Developers. Berdasarkan Indonesia Salary Guide, gaji seorang Software Developers dapat menyentuh angka Rp. 35 juta.

5. Robotic Specialist
Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka tidak heran juga melihat perkembangan robot-robot yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Kebanyakan robot-robot ini disebut AI, atau Artificial Intellegent adalah robot dengan kecerdasan buatan. Sekarang ini, banyak sekali alat-alat yang berbasis AI, sehingga tentu saja dibutuhkan Robotic Specialist untuk membangun, merawat, dan mengembangkan robot-robot itu agar dapat beroperasi dengan aman.

Prospek kerja sebagai Robotic Specialist juga lumayan menjamin, karena tidak cukup banyak orang yang mendalami bidang ini. Berdasarkan Bureau of Labor Statistics, demand untuk profesi ini juga mengalami peningkatan sebanyak 4% dari tahun 2018-2028. Apalagi, di Indonesia juga sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang beralih ke robot dan AI, lowongan kerja Indonesia untuk Robotic Specialist juga pasti meningkat.

Itulah beberapa pekerjaan yang beberapa tahun ke depan masih on demand di Indonesia. Terutama dengan keadaan Indonesia yang saat ini masih kekurangan tech talent. APTIKOM, Indonesia memang memiliki 40,000 - 50,000 lulusan IT, namun yang berminat untuk mendalaminya hanyalah 20 persen saja. Jadi, selagi masih sangat dicari, manfaatkan kesempatan ini untuk mencari lowongan kerja Indonesia untuk beberapa pekerjaan tadi, yuk!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS