Kurangi Penggunaan BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Kurangi Penggunaan BBM, Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN
Pelindo III Kembangkan Mini LNG Pertama di Asia Tenggara. [Dok Pelindo III]

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memanfaatkan penggunaan listrik dari PT PLN (Persero) untuk melayani sandarnya kapal.

Suara.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memanfaatkan penggunaan listrik dari PT PLN (Persero) untuk melayani sandarnya kapal. Pemanfaaat listrik tersebut dinamakan shore connection.

Shore connection adalah jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga yang dipergunakan untuk kapal yang bersandar di pelabuhan.

Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

"Kami menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PLN untuk pemanfaatan surplus energi listrik PLN untuk kami pergunakan melalui shore connection, ini adalah bentuk sinergi BUMN, salah satu upaya untuk menekan biaya logistik untuk menaikkan daya saing logistik," ujar Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung dalam keterangannya, Selasa (28/10/2019).

Dengan pemanfaatan energi listrik, maka otomatis akan semakin mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang sumber bahan bakunya semakin menipis.

"Dengan memanfaatkan shore connection, maka otomatis kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan dan saat ini kami juga sedang melakukan penjajakan untuk menggunakan shore connection di pelabuhan atau Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS)," tambah dia.

Doso munuturkan, dengan menggunakan energi listrik untuk kapal tersebut terbukti dapat memberikan tingkat efisiensi atau penghematan untuk kapal hingga 30-40 persen dan mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal dari semula 4-5 hari kini menjadi 3-4 hari saja.

Selain itu, inovasi tersebut juga mendukung program pemerintah terkait pengurangan polusi udara dan polusi suara di Kawasan pelabuhan.

"Dari 35 titik shore connection yang terpasang di 13 lokasi pelabuhan dan terminal di wilayah Pelindo III kami sudah siap investasi senilai Rp 70 miliar dan memerlukan daya listrik total 49.569 kilovolt ampere (kVA), dan saya melihat ada potensi yang sangat bagus untuk memanfaatkan surplus energi listrik PLN maka saya harap dari MoU ini, segera kedepan dapat dilakukan percepatan-percepatan untuk pemenuhan kebutuhan shore connection di beberapa terminal dan pelabuhan," tandas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS