Perkuat Hubungan Dagang, Indonesia-Australia Dorong Pengusahanya Ekspansi

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Perkuat Hubungan Dagang, Indonesia-Australia Dorong Pengusahanya Ekspansi
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Kedua menteri juga membahas komitmen lainnya yang juga menjadi konsentrasi penting Indonesia dari kerja sama IA-CEPA.

Suara.com - Pemerintah Indonesia kembali memperkuat perjanjian dagang dengan Australia. Salah satunya, dengan mendorong pengusaha berekspansi di kedua negara tersebut.

Hal tersebut disepakati, setelah pertemuan antara Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon John Birmingham di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-35 dan Pertemuan Terkait Lainnya di Bangkok, Thailand.

"Guna meningkatkan pemanfaatan IA-CEPA, terutama bagi kalangan bisnis, kami sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam mengembangkan pasar dan mendorong pelaku bisnis kedua negara untuk saling berkunjung dan melakukan penjajakan bisnis di kota-kota dagang," kata Agus dalam keterangannya pada Minggu (3/11/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Mendag Agus mengajak Mendag Birmingham untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi untuk memastikan pelaksanaan kerja sama ekonomi yang menjadi kepentingan Indonesia. Antara lain seperti peningkatan kualitas dan kapasitas SDM, teknologi, investasi, dan pariwisata selain perdagangan untuk kepentingan kedua negara dan langkah konkrit implementasi IA-CEPA nanti.

Kedua menteri juga membahas komitmen lainnya yang juga menjadi konsentrasi penting Indonesia dari kerja sama IA-CEPA, yaitu kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan penambahan kuota Working and Holiday Visa (WHV).

Isu lain yang diangkat oleh Mendag yaitu mengenai perkembangan kasus antidumping atas A4 Copy Paper.

"Kami berharap agar Australia dapat menerima putusan Panel tanpa naik banding ke level Appellate Body (AB) pada World Trade Organization (WTO) mengingat ketidakjelasan kondisi AB WTO saat ini," tutur dia.

Sebagai informasi Hubungan Dagang Indonesia-Australia Pada 2018, total perdagangan Indonesia dengan Australia mencapai 8,5 miliar dolar AS. Sementara pada periode Januari-Juni 2019, total perdagangan kedua negara telah mencapai 3,6 miliar dolar AS.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS