Awali Pekan Ini, Rupiah Siap Bergerak Menguat

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Awali Pekan Ini, Rupiah Siap Bergerak Menguat
Mata uang rupiah [Shutterstock].

Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah menguat mulai Jumat lalu.

Suara.com - Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra memprediksi pergerakan rupiah pada awal pekan ini bisa menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Menurut pengamatannya, penguatan itu karena sentimen positif dari potensi penandatanganan perjanjian dagang fase 1 antara AS - China pada November ini.

Selain itu, lanjut Ariston Tjendra, redanya kekhawatiran Brexit (atau Britain Exit alias keputusan Britania Raya untuk tidak lagi bergabung dengan Zona Ekonomi Eropa) tanpa kesepakatan, dan pemangkasan suku bunga acuan AS, turut membantu penguatan rupiah terhadap dolar AS

"Rupiah bergerak di kisaran Rp 13.970 - Rp 14.050," kata Ariston Tjendra dalam riset hariannya di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan rupiah pada Jumat pekan kemarin (1/11/2019) berada di level Rp 14.008 per dolar AS. Level itu melemah dari pergerakan Kamis lalu di level Rp 14.030 per dolar AS.

Sementara, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Jumat pekan kemarin berada di level Rp 14.066 per dolar AS. Posisi itu menguat dibandingkan pada Kamis sebelumnya yang di level Rp 14.008 per dolar AS.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS