Lewat Big Data, Ralali Bantu Majukan UMKM

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Lewat Big Data, Ralali Bantu Majukan UMKM
Perusahaan rintisan Ralali.com turut membantu majukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Perusahaan rintisan Ralali.com turut membantu majukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Suara.com - Perusahaan rintisan Ralali.com turut membantu majukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya dengan pemanfaatan BIG Data.

Chief Officer, Head of Growth and Expansion Ralali.com, Chandra Tandiono mengatakan, cara yang paling tepat untuk mengembangkan UMKM melalui pemanfaatan big data.

Ia menyarankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia memulai mengumpulkan data-data terkait UMKM yang tersebar di wilayahnya dan menggunakan analisis big data.

"Teman-teman dari Pemda pastinya sudah memiliki informasi UMKM apa saja yang ada di daerahnya namun informasi itu belum semua diolah menjadi data dan dianalisis menggunakan big data," ujar Chandra dalam keterangannya, Senin (11/11/2019).

Chandra menjelaskan, data yang dikumpulkan hendaknya diolah dan dikelola melalui analisis big data. Data yang dikumpulkan adalah data jenis transaksi, operasional, produksi, layanan, hingga pendanaan.

Sehingga Pemda bisa memetakan kebutuhan dan memberikan advokasi serta pelatihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dari dari setiap UMKM di daerahnya.

"Bukan tidak mungkin UMKM setempat bisa terdaftar di e-catalog," imbuh dia.

Chandra menuturkan, hambatan UMKM saat ini adalah 95 persen diantaranya untuk memperoleh bahan baku masih menggunakan pendekatan tradisional.

Tidak adanya harga yang transparan serta persediaan produk yang terbatas, serta akses logistik hingga financing yang juga terbatas.

Ralali.com membentuk ekosistem ekonomi digital yang fokus utamanya membantu pelaku UMKM agar mudah dalam mendapatkan solusi satu pintu untuk pemenuhan kebutuhan usaha, pengembangan hingga perluasan usaha.

Sebagai perusahaan berbasis B2B platform, Ralali.com menghubungkan 14 ribu penjual dengan 300ribu SKU (Stock Keeping Unit) dengan 700 rb pelaku UMKM.

Membuat harga lebih murah hingga 23 persen dengan harga berjenjang serta promosi produk yang dilakukan secara online maupun offline.

"Kami juga memberikan fasilitas pembayaran dan pembiayaan tanpa pembayaran di muka, pembiayaan produktif dengan tingkat bunga 1,2 persen lebih rendah. Selain itu fasilitas pengiriman langsung. 82 persen pelanggan kami menerima produk di bawah 3 hari, melalui kurir ekspress dan Ralali Kargo," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS