Pagi-pagi 4 Menteri Jokowi Ngecor Beton LRT Jabodebek

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Pagi-pagi 4 Menteri Jokowi Ngecor Beton LRT Jabodebek
Penyambungan beton LRT Jabodebek disaksikan langsung empat menteri Kabinet Indonesia Maju. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Pembangunan Lintas Rel Terpadu atau LRT Jabodebek terus dikebut.

Suara.com - Pembangunan Lintas Rel Terpadu atau LRT Jabodebek terus dikebut. Bentangan beton panjang atau Long Span yang berada di atas Jalan Tol Dalam Kota dalam rute Cawang-Kuningan kini sudah tersambung.

Penyambungan ini disaksikan langsung empat menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Empat menteri juga melakukan pengecoran sebagai seremoni penyambungan Long Span sepanjang 148 Meter tersebut.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Long Span tersebut merupakan karya anak bangsa. Pasalnya, desain Long Span yang melengkung tersebut dibuat oleh orang Indonesia.

"Produk dalam negeri, karya anak bangsa. Kita Harus Bangga jadi orang Indonesia. Kita selalu berkutat di ekspor raw matrial. Kita harus bangun bangsa ini. Human capital ini nomor satu," kata Luhut dalam sambutannya, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Luhut menargetkan pembangunan LRT Jabodebek ini akan selesai pada Juli 2021 mendatang.

"Juni-Juli 2021 selesai," tutur dia.

Untuk diketahui, jenis jembatan Long Span itu adalah tipe Box Girger Beton dengan radius lengkung 115 meter. Sedangkan, panjang bentang utama 148 meter dengan beban pondasi pengujian 4.400 meter.

Hingga per 1 November, progres pembangunan LRT Jabodebek mencapai 67,3 persen dengan rincian Cawang-Cibubur 86,2 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS