8 Fakta Festival Belanja Global 11.11 Alibaba, Pesan Antar Capai 1,3 M

Suwarjono
8 Fakta Festival Belanja Global 11.11 Alibaba, Pesan Antar Capai 1,3 M
Kemeriahan Festival Belanja di kantor Alibaba

Brand asal Indonesia yang Indomie, Kopi Kapal Api, Tango, biskuit richeese dengan brand Nabati, kerupuk udang dan sarang burung walet.

Suara.com - Festival Belanja Global 11.11 yang diselenggarakan Alibaba Grup menembus sejumlah rekor baru sepanjang 11 tahun ajang ini dihelat. Selain pencapaian gross merchandise value (GMV) sebesar RMB268,4 miliar atau setara Rp536 triliun, 

sejumlah pencapaian baru terjadi. Jumlah pengantaran pesanan misalnya, bila tahun 2018 mencapai 1,042 miliar, pada tahun ini mencapai 1,3 miliar.

Presiden Taobao dan Tmall, Fan Jiang merasa bangga atas pencapaian Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 ini.  “Hari ini kami menunjukkan kepada dunia bagaimana wujud masa depan konsumsi bagi brand dan konsumen. Kami memenuhi permintaan konsumen Tiongkok yang semakin tumbuh dan membantu mereka meningkatkan gaya hidup mereka, sambil memperkenalkan kepada para pengguna baru tentang ekonomi digital kami di seluruh Tiongkok dan dunia,” katanya.

Berikut sedikitnya 8 menarik fakta Festival Belanja Alibaba 11.11 tahun 2019.

1. Total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay RMB268,4 miliar (US$38,4 miliar), naik 26% YoY

2. Lebih dari 200.000 brand berpartisipasi

3.  Sebanyak 1 juta produk baru diluncurkan pada 11.11

4. Cainiao Network memproses 1,3 miliar pengantaran pesanan 11.11

5. Lima negara teratas yang menjual ke Tiongkok melalui platform lintas milik Alibaba dari siis GMV adalah Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Jerman.

6. Sebanyak 299 brand melampaui GMV RMB100 juta (US$14,3 juta) dan 15 dari brand itu melampaui GMV RMB1 miliar (US$143,0 juta); brand terkemuka yang termasuk dalam kelompok ini adalah: Apple, Bose, Estée Lauder, Gap, H&M, L’Oréal, Levi’s, MUJI, Nestlé, Nike, Philips, The North Face, Under Armour, dan Uniqlo.

7. Dalam 1 menit pertama 11.11 dimulai, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai RMB 7,0 miliar atau Rp14 miliar.

8. Brand asal Indonesia yang indomie, kopi kapal api, Tango, biskuit richeese dengan brand Nabati, kerupuk udang dan sarang burung walet.

Global Shopping Festival 11.11 adalah agenda pesta belanja global tahunan yang diselenggarakan perusahaan ecommerce terbesar  Alibaba Group. Pesta belanja sudah berlangsung tahun 2009 atau 11 tahun lalu. 

Tahun ini, Alibaba menawarkan 1 juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini – 100 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Alibaba juga berencana membagikan 2 miliar “angpau” digital dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba, untuk mempromosikan produk-produk serta meningkatkan interaksi brand dengan konsumennya. Diperkirakan akan ada kupon serta promosi bernilai RMB 50 miliar dari platform dan brand yang digunakan oleh para konsumen pada festival ini.

Tiongkok mengalami peningkatan daya belanja yang demikian besar, baik di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Hal ini menciptakan saluran pertumbuhan bagi Alibaba serta pemilik brand dan penjual di platformnya untuk bergerak dalam memenuhi permintaan konsumen.

Terhitung Juni 2019, terdapat 266 juta penggguna baru (pengguna aktif bulanan) Taobao sejak dua tahun terakhir. Di tahun fiskal 2019, 70% dari mereka berasal dari kota-kota kecil.

Chris Tung, Chief Marketing Office Alibaba Grup  mengatakan: “Kami tidak hanya berfokus pada pertumbuhan jumlah konsumen di kota-kota kecil. Secara paralel, Alibaba juga akan mendukung digitalisasi pebisnis dan pabrik di kota-kota kecil tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan memberikan mereka akses pada analytics, teknologi Internet of Things, dan berbagai perangkat pemasaran. Hal ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan konsumen.”

Untuk menyambut 11.11 Global Shopping Festival, para merchant telah melakukan upgrade menjadi Tmall Flagship Store 2.0. Versi terbaru Tmall Flagship Store kini menawarkan berbagai fitur dan alat baru yang menyediakan ruang bagi brand untuk dapat berinteraksi lebih jauh dengan konsumen mereka melalui konten yang kaya dan interaktif, serta pengalaman omnichannel.

Versi terbaru yang diluncurkan bulan Juli lalu ini menawarkan pengalaman bagi para merchant untuk menyesuaikan dan mengatur flagship store mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih mengesankan bagi para konsumen. Para merchant dapat mengatur konten dan promosi produk untuk berbagai tipe konsumen berdasarkan profil mereka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS