Harga Minyak Dunia Turun Lima Sesi Beruntun

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Harga Minyak Dunia Turun Lima Sesi Beruntun
Ilustrasi harga minyak dunia turun. [Shutterstock]

Harga minyak dunia turun seiring peningkatan persediaan bahan bakar minyak (BBM) Amerika Serikat

Suara.com - Harga minyak dunia mengalami penurunan untuk sesi kelima beruntun pada Senin (13/1/2020).

Seperti dilansir Reuters Selasa (14/1/2020), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2020 turun 96 sen menjadi 58,08 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2020 merosot 78 sen menjadi 64,20 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia turun seiring peningkatan persediaan bahan bakar minyak (BBM) Amerika Serikat.

Menurut laporan yang dirilis Energy Information Administration (EIA), persediaan BBM AS meningkat 9,1 juta barel pada pekan yang berakhir 3 Januari dari pekan sebelumnya. Jumlah persediaan BBM AS berada sekitar 5 persen di atas rata-rata lima tahun.

Persediaan distilat, termasuk minyak diesel dan pemanas, meningkat 5,3 juta barel. Jumlah tersebut melampaui ekspektasi peningkatan 3,9 juta barel.

Presiden AS Donald Trump telah menyatakan lebih memilih untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Iran sebagai bentuk hukuman atas serangan rudal yang diluncurkan terhadap markas militer AS di Irak.

Pilihan AS untuk menjatuhkan sanksi ekonomi dari melakukan perang terbuka dengan Iran menghilangkan kekhawatiran terganggunya pasokan minyak mentah global hingga harga minyak dunia terus menurun.

Menurut laporan yang dirilis Energy Information Administration (EIA), cadangan minyak AS meningkat 1,2 juta barel pada pekan yang berakhir 3 Januari dari pekan sebelumnya.

Dengan tambahan 1,2 barel, cadangan minyak AS mencapai 431,1 juta barel.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS