Menteri Keuangan Era Orde Baru JB Sumarlin Meninggal Dunia

Iwan Supriyatna
Menteri Keuangan Era Orde Baru JB Sumarlin Meninggal Dunia
JB Sumarlin. (Foto: Antaranews.com)

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Ayah / Eyang / Saudara kami Prof Dr JB Sumarlin, pada hari Kamis, 6 Februari 2020, Pukul 14:15 di RS Carolus, Jakarta,"

Suara.com - Mantan Menteri Keuangan Johannes Baptista Sumarlin atau JB Sumarlin meninggal dunia. Meninggalnya Menteri Keuangan era Presiden Soeharto itu dikabarkan oleh keluarga melalui pesan berantainya.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Ayah / Eyang / Saudara kami Prof Dr JB Sumarlin, pada hari Kamis, 6 Februari 2020, Pukul 14:15 di RS Carolus, Jakarta," isi pesan berantai dari keluarga JB Sumarlin.

Pihak Kementerian Keuangan pun membenarkan meninggalnya JB Sumarlin.

"Ya, beliau (JB Sumarlin) meninggal dunia," kata Staf Ahli Menteri Keuangan, Nufransa Wira Sakti, Kamis (6/2/2020).

Rencananya, jenazah JB Sumarlin disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, Jakarta Selatan.

Usai disemayamkan, jenazah akan dimakamkan di pemakaman San Diego Hills pada Senin (10/2/2020) mendatang.

"Mohon dimaafkan semua kesalahan-kesalahannya selama hidupnya. Kami yang berduka, keluarga besar JB Sumarlin," tutup pengumuman tersebut.

JB Sumarlin adalah salah seorang ekonom Indonesia yang pernah memegang berbagai jabatan pemerintahan penting di bidang ekonomi.

Ia adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1958. Jabatan yang pernah dipegangnya antara lain Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas dan Menag PAN.

JB Sumarlin lahir dari pasangan Sapoean Pawirodikromo dan Karmilah, seorang buruh tani. Kakek dari jalur ibu, Toedjo Towinangoen, adalah seorang petani yang memiliki sawah dan pekarangan luas di Desa Ngadirejo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS