Infeksi Corona Dilaporkan Menurun, Harga Minyak Dunia Langsung Naik

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Infeksi Corona Dilaporkan Menurun, Harga Minyak Dunia Langsung Naik
Ilustrasi harga minyak dunia meningkat. (Shutterstock)

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup melonjak 1,78 dolar AS atau naik 3,3 persen

Suara.com - Harga minyak dunia naik lebih dari 3 persen pada Rabu (12/2/2020), setelah China melaporkan angka harian terendah dalam kasus virus corona sejak akhir Januari lalu.

Hal ini mendorong harapan investor bahwa permintaan bahan bakar di konsumen minyak terbesar kedua di dunia itu bisa mulai pulih kembali.

Mengutip Reuters Kamis (13/2/2020) harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup melonjak 1,78 dolar AS atau naik 3,3 persen menjadi 55,79 dolar AS per barel.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), melesat naik 1,23 dolar AS atau 2,5 persen menjadi 51,17 dolar AS per barel.

Itu adalah penutupan tertinggi untuk kedua patokan minyak berjangka sejak Januari meski pemerintah AS melaporkan kenaikan mingguan yang lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah yang diimbangi penurunan stok bahan bakar, termasuk penyusutan bensin yang di luar dugaan.

Persediaan minyak mentah AS naik 7,5 juta barel pekan lalu, menurut Badan Informasi Energi, dibandingkan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan peningkatan 3 juta barel.

"Permintaan bensin mulai rebound , dan penarikan moderat dalam bahan bakar penyulingan membantu untuk mengimbangi berita minyak mentah yang bearish ," kata John Kilduff, mitra di Again Capital, New York.

Menurut data hingga Selasa, tingkat pertumbuhan kasus virus korona di China melambat ke level terendah sejak 30 Januari. Namun, pakar internasional tetap berhati-hati dalam memperkirakan kapan wabah tersebut akan mencapai puncaknya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS