Sentimen Donald Trump Bawa IHSG Menguat Kembali

RR Ukirsari Manggalani | Mohammad Fadil Djailani
Sentimen Donald Trump Bawa IHSG Menguat Kembali
Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan harga saham di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta [Suara.com/Arya Manggala]

IHSG menguat, indeks turut menghijau, berikut adalah rekomendasi saham.

Suara.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini Rabu (11/3/2020) dibuka kembali menguat ke level 5.231,609.  Mengutip data perdagangan RTI, Rabu (11/3/2020) IHSG menguat 10 poin atau ,021 persen menuju level 5.575,56.

Menguatnya IHSG ini juga diikuti menghijaunya indeks LQ45 yang turun 7 poin atau 0,9 persen ke level 840,106.

Mengawali pembukaan perdagangan terdapat 75 saham menguat, 21 saham melemah, dan 55 saham stagnan. Pada level ini, transaksi perdagangan mencapai 46 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 72 miliar dengan 2,9 ribu kali frekuensi.

Analis pasar modal dari MNC Sekuritas, Edwin Sebayang mengatakan adanya ekspektasi pasar terhadap kabar Presiden Donald Trump dan timnya ihwal rencana memotong pajak penghasilan dan membantu bisnis yang merugi akibat dampak virus corona menjadi pendorong DJIA menguat sebesar +4.89 persen.

"Berpotensi menjadi faktor positif untuk IHSG yang diharapkan menguat dalam perdagangan Rabu ini," kata Edwin Sebayang.

Di samping itu lanjut dia, turunnya yield US Treasury Tenor 10 tahun sebesar +60.60 persen berada pada level 0.800 persen, EIDO yang naik tajam sebesar +7.02 persen serta naiknya harga komoditas seperti: Oil +15.65 persen, Nikel +1.01 persen, Timah +0.46 persen & Coal +0.22 persen kemarin berpotensi mendorong penguatan kembali IHSG Rabu ini.

"Tetapi di lain pihak investor tetap perlu waspada akan terjadi pembalikan arah karena Bursa Asia pagi ini sebagian justru mengalami kejatuhan dan Dow Futures menunjukkan penurunan sebesar -452 poin (-1.82 persen) Rabu pagi ini," saran Edwin Sebayang.

Mengetahui IHSG berpeluang melanjutkan penguatan ditengah secara valuasi sudah semakin attractive, dirinya merekomendasikan sangat selektif jika investor ingin melakukan Trading Buy maka dapat fokus atas saham dari Sektor Bank, Konsumer dan Otomotif dalam perdagangan hari ini.

"IHSG kami perkirakan bergerak pada 5,192 - 5,296 adapun saham - saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah saham-saham BBRI, ICBP, BBCA, UNVR, BMRI dan ASII," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS