Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona
Wisma atlet Kemayoran. (Suara.com/D. Bowo Raharjo)

"BNPB juga mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonversi menjadi tempat isolasi pasien yang positif Covid-19,"

Suara.com - Wisma Atlet yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat akan disulap menjadi tempat isolasi bagi pasien positif corona atau Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita untuk periode Maret 2020 melalui video teleconference di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

"BNPB juga mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonversi menjadi tempat isolasi pasien yang positif Covid-19," kata Sri Mulyani.

Tapi kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, pasien-pasien yang akan ditempatkan di Wisma Atlet merupakan pasien dengan gejala-gejala yang ringan saja, tetapi untuk pasie dengan gejala yang luar biasa akan tetap ditempatkan di rumah sakit rujukan pemerintah.

"Tetapi mereka tidak menunjukkan gejala yang membutuhkan dukungan tenaga medis atau Rumah Sakit penting mereka harus mengisolasi diri supaya mereka tidak menularkan kepada pihak lain," kata Sri Mulyani.

Saat ini kata Sri Mulyani penggunaan Wisma Atlet masih belum dilakukan, karena ini merupakan opsi pilihan jika sewaktu-waktu jumlah pasien positif corona di Indonesia meningkat cukup tajam, sementara Rumah Sakit sudah tak mampu menampungnya.

"Wisma Atlet yang kemarin digunakan untuk Asian Games di Kemayoran saat ini masih belum digunakan sehingga dia menjadi tempat yang paling siap dari sisi fasilitas listrik air tempat tidur dan lain-lain sudah ada di sini sekarang kita sedang meminta BNPB untuk melaksanakan Bagaimana menyiapkannya menjadi tempat isolasi," kata Sri Mulyani.

Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, hingga Selasa (17/3/2020), ada 172 kasus pasien positif Covid-19.

Jumlah ini bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3/2020) sore.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS