PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik di Jakarta Saat Lebaran

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik di Jakarta Saat Lebaran
Jaringan listrik dan logo PLN. [Antara]

Beban puncak selama hari H perayaan Idulfitri yaitu 3.508,31 MW. Angka ini serupa dengan beban puncak Jakarta saat akhir pekan selama pandemi Covid-19.

Suara.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memastikan tak ada pemadaman listrik di wilayah sekitar daerah khusus ibu kota pada Hari Raya Idulfitri.

Saat ini, PLN UID Jakarta Raya telah mempersiapkan jaringan listrik untuk pasokan di Jakarta.

Selain itu, PLN UID Jakarta Raya menyiagakan peralatan pendukung untuk pengawalan pasokan dan keandalan kelistrikan perayaan Idulfitri tahun ini.

"Pasokan listrik aman dan cukup. Pengawalan kelistrikan RS Rujukan Covid-19 juga tetap berjalan tanpa henti," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan dalam video conference di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Doddy memperkirakan, beban puncak selama hari H perayaan Idulfitri yaitu 3.508,31 MW. Angka ini serupa dengan beban puncak Jakarta saat akhir pekan selama pandemi Covid-19. Sementara, jika dibandingkan dengan Idulfitri tahun lalu, perkiraan beban puncak Idulfitri ini mengalami kenaikan sebesar 30,31 persen.

Hal ini terjadi karena adanya pelarangan mudik oleh pemerintah dan adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah selama masa pandemi.

"Terkait dengan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB seluruh jaringan distribusi yang kami kelola itu dalam kondisi siaga normal operasi, menjaga agar seluruh pelanggan kami bisa melakukan ibadah di rumah masing-masing sesuai imbauan pemerintah," ucap Doddy.

Dalam hal ini, Doddy juga menyiagakan sebanyak 2.688 personel yang bisa diandalkan jika terdapat jaringan listrik masyarakat bermasalah.

"Kalau kita lihat dari peralatan pendukung, kita punya mobil deteksi gangguan ada tujuh unit, BPS 41 unit, unit trafo bergerak empat unit, unit gardu bergerak ada lima unit, unit kabel bergerak ada lima unit, genset kita siapkan empat unit dan crane sebanyak empat unit dengan harapan ini, karena ini berjaga-jaga meskipun kita sudah siap," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS