Beda Cara Promosi, Zenius dan Ruang Guru Dibahas Netizen

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Beda Cara Promosi, Zenius dan Ruang Guru Dibahas Netizen
Iustrasi belajar online.

Ruang Guru mulai dibanding-bandingkan. Platform digital (aplikasi) bidang pendidikan itu mendapat tantangan serius dari kompetitornya, Zenius.

Suara.com - Ruang Guru mulai dibanding-bandingkan. Platform digital (aplikasi) bidang pendidikan itu mendapat tantangan serius dari kompetitornya, Zenius.

Perbandingan Ruang Guru vs Zenius itu ramai dibahas netizen. Di dunia maya, Ruang Guru mendapat sorotan karena kekuatan promosi sehingga dianggap penghamburan uang.

Startup tersebut merayakan ulang tahunnya dengan menggelar acara yang disiarkan 9 televisi nasional saat prime time.

Sebaliknya, Zenius justru "menghamburkan" edukasi berupa pembagian 80 ribu video pembelajaran secara gratis. Berawal dari cara kontradiktif itu lah kemudian pembandingan antara Ruang Guru dengan Zenius ramai dibahas.

"Ngeliat Ruang Guru yang shownya ditampilin di banyak stasiun TV pas jam primetime ngebuat gua makin respect sama Zenius," kata Netizen Nathanael Pribady melalui akun Twitternya @NathPribady

"Karena mereka (Zenius) mengalokasikan dana untuk menggratiskan kontennya, bukan buang puluhan atau bahkan ratusan miliar buat show yang entah apa manfaatnya," tambahnya.

Cuitan Nath itu langsung dibanjiri komentar netizen mencapai hampir 70 ribu penyuka (likes) dan lebih dari 16 ribu komentar dalam sekitar 12 jam.

"Dan juga konsep materinya Zenius mantep juga sih Kak. Kalau didengerin tuh kayak sopan banget masuk kuping sama otak jadi nyaman banget sih," sahut pemilik akun @Bakmipakjhon.

Belakangan, belajar online dengan menggunakan aplikasi seperti Zenius dan Ruang Guru memang semakin diminati masyarakat. Menjadi salah satu alternatif belajar para siswa terlebih situasi pandemi Covid-19 membuat belajar secara virtual menjadi lebih terbiasa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS