alexametrics

UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Ini Supaya Lapkeu Tercatat Rapih

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Ini Supaya Lapkeu Tercatat Rapih
Ilustrasi umkm (freepik)

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini harus beranjak ke sistem digital.

Suara.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini harus beranjak ke sistem digital. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi aplikasi untuk mengelola keuangan.

Saat in terdapat, aplikasi yang bisa memudahkan UMKM mengelola keuangannya agar tertata rapi yaitu CrediBook. Saat ini sebanyak 500 ribu UMKM yang telah manfaatkan CrediBook.

CrediBook dengan berbagai fasilitasnya mampu menghubungkan para pelanggan, pelaku UMKM, pemasok, dan wholesaler, melalui satu aplikasi pencatatan keuangan.

Sukses dengan pertumbuhan bisnis yang semakin ekspansif, CrediBook dinobatkan sebagai juara pertama Pahlawan Digital UMKM 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM, yang kemudian akan menjadi mitra strategis pemerintah untuk digitalisasi UMKM Indonesia.

Baca Juga: Fintech Pinjam Modal Dukung Perkembangan UMKM Tanah Air

"Inovasi yang kami hadirkan merupakan kontribusi nyata khususnya dalam membantu usaha kecil yang kini semakin rentan terdampak pandemi," ujar CEO CrediBook Gabriel Frans dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut, Gabriel mengatakan, CrediBook baru saja menerima pendanaan pra-seri A dari Wavemaker Partners, Alpha JWC Ventures, dan Insignia Ventures Partners.

Pendanaan tersebut tentunya merupakan langkah besar dalam mengembangkan aplikasi CrediBook.

Selain memiliki fungsi utama sebagai pencatatan keuangan usaha, CrediBook turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pengiriman pesan tagihan, pembayaran tagihan atau transaksi keuangan di dalam aplikasi, hingga pengajuan pinjaman modal usaha.

Sementara, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari, mengakui bahwa inovasi digital yang dihadirkan CrediBook dapat berkontribusi terhadap percepatan digitalisasi UMKM secara sistemik.

Baca Juga: Bantu Pulihkan Ekonomi, ACT Bantu Modal Pelaku UMKM Terdampak Gempa Sulbar

"Kami melihat dengan adanya CrediBook, para pelaku UMKM dari sektor mana pun dapat dengan mudah mengelola keuangannya lewat satu aplikasi; bahkan dapat membentuk sebuah ekosistem usaha berbasis digital," pungkas Fiki.

Komentar