alexametrics

Blokir Terusan Suez Diperkirakan Segera Selesai, Harga Minyak Bangkit

RR Ukirsari Manggalani | Mohammad Fadil Djailani
Blokir Terusan Suez Diperkirakan Segera Selesai, Harga Minyak Bangkit
Kapal kargo terjebak di Terusan Suez, Ever Given. [Satellite image ©2021 Maxar Technologies/AFP]

Terusan Suez atau Suez Canal menjadi bagian nadi perekonomian Mesir dan beberapa negara Timur Tengah.

Suara.com - Harga minyak dunia bangkit dari pelemahan pada perdagangan akhir pekan lalu. Sehari sebelumnya harga minyak tertekan di tengah kekhawatiran bahwa kapal kontainer raksasaatau kapal kargo kandas di Terusan Suez, Mesir dapat memblokir pelayaran penting selama berminggu-minggu.

Meski tercatat menguat di akhir pekan, namun harga minyak masih menorehkan pelemahan mingguan ketiganya secara beruntun.

Mengutip CNBC, Senin (29/3/2021) harga minyak Brent melonjak 4,23 persen ke harga tertinggi di 64,57 dolar AS per barel setelah pada hari Kamis turun 3,8 persen. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 4,12 persen menjadi 60,97 dolar AS per barel, setelah jatuh 4,3 persen sehari sebelumnya.

Kedua tolok ukur harga ini berada di jalur penurunan mingguan lebih dari 3 persen, menyusul penurunan lebih dari 6 persen minggu lalu.

Baca Juga: Kandasnya Kapal Kargo di Suez Bisa Berdampak ke Perdagangan Internasional

Kapal kontainer raksasa yang terperangkap memblokir lalu lintas di Terusan Suez, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia untuk minyak dan bahan bakar olahan, biji-bijian, dan perdagangan lainnya antara Asia dan Eropa.

Pejabat yang berwenang menghentikan semua kapal yang memasuki kanal pada hari Kamis, dan perusahaan penyelamat mengatakan mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk mengevakuasi kapal kontainer raksasa itu.

Komentar