alexametrics

Kasus Covid-19 di India Menggila, Harga Minyak Merosot

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Kasus Covid-19 di India Menggila, Harga Minyak Merosot
Ilustrasi harga minyak dunia. [Shutterstock]

Harga minyak kembali turun imbas meningkatnya infeksi Covid-19 di India.

Suara.com - Harga minyak kembali turun imbas meningkatnya infeksi Covid-19 di India. Mengutip CNBC, Jumat (7/5/2021) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup menyusut 87 sen, atau 1,3 persen, menjadi 68,09 dolar AS per barel.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), patokan Amerika Serikat, anjlok 92 sen, atau 1,4 persen menjadi 64,71 dolar AS per barel.

"Ketika Arab Saudi memangkas harga jual minyak mentah mereka, itu adalah pengingat yang kuat bahwa masih ada kantong bahaya Covid yang dapat mempengaruhi permintaan," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group di Chicago.

India membukukan rekor infeksi dan kematian Covid-19 setiap hari, dengan virus menyebar dari kota ke desa di seluruh negara terpadat kedua di dunia itu, memupus harapan bahwa gelombang kedua yang mematikan akan mencapai puncaknya.

Baca Juga: [Cek Fakta] Warga India Buang Patung Dewa Karena Corona?

"Rekor jumlah infeksi baru di India menjadi berita utama dan memicu kekhawatiran bahwa permintaan akan pulih lebih lambat," kata Commerzbank.

Sementara itu stok minyak mentah Amerika turun lebih tajam dari ekspektasi minggu lalu karena produksi penyulingan meningkat dan ekspor melonjak.

Komentar