alexametrics

Stasiun Cikoya Kembali Layani Pengguna KRL

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Stasiun Cikoya Kembali Layani Pengguna KRL
Sejumlah penumpang berada di dalam rangkaian KRL Commuter Line. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

PT KAI Commuter mulai mengoperasikan Stasiun Cikoya untuk naik turun penumpang Kereta Rel Listrik (KRL).

Suara.com - PT KAI Commuter mulai mengoperasikan Stasiun Cikoya untuk naik turun penumpang Kereta Rel Listrik (KRL). Sebelumnya, Stasiun Cikoya ditutup akibat adanya larangan mudik.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, pengoperasian Stasiun Cikoya setelah dilakukan evaluasi dari segi jumlah dan kebutuhan pengguna juga telah KAI Commuter sampaikan kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dimana KRL beroperasi

Stasiun Cikoya melayani para pengguna sesuai dengan jam operasional layanan KRL pada 6-17 Mei 2021 yaitu mulai 04.00 - 20.00 WIB.

"Selama masa larangan mudik lebaran ini KAI Commuter sebagai operator layanan KRL menjalankan aturan dari pemerintah pusat maupun daerah setempat mengenai pembatasan transportasi dan mobilitas masyarakat," ujar Anne dalam keterangannya, Jumat (7/6/2021).

Baca Juga: Pemudik Terciduk di Truk Tertutup Terpal, Panas Pengap Nekat Bawa Balita

Anne mengungkapkan, dalam catatan KAI mencatat hingga Kamis 6 Mei pukul 19.00 WIB volume pengguna yang memanfaatkan layanan KRL pada hari pertama Larangan Mudik Lebaran 2021 ini sejumlah 334.913 pengguna.

Jumlah ini turun 6 persen dibanding kemarin (5/5) pada waktu yang sama dimana jumlahnya mencapai 354.487.

Pengguna KRL didominasi oleh pengguna rutin, yaitu mereka yang memanfaatkan transportasi KRL untuk bekerja.

Sejumlah stasiun dengan volume pengguna tertinggi antara lain Stasiun Tanah Abang (24.975 pengguna, tidak banyak berbeda dibanding hari sebelumnya), Stasiun Bogor (15.243 pengguna, turun 7 persen), dan Stasiun Depok Baru (12.753 pengguna, naik 5 persen).

"Meskipun ada penurunan, KRL masih pilihan warga sebagai transportasi untuk pergi bekerja," kata Anne

Baca Juga: Jasa Marga Benarkan Aksi Pemobil Diduga Pemudik Terobos Pembatas Jalan

Sebelumnya, sebanyak 4 stasiun ke Lebak tidak layani naik turun penumpang, termasuk stasiun Rangkasbitung. Ini berdasarkan perintah dari Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

Keempat stasiun KRL tak layani naik turun penumpang itu adalah Cikoya, Maja, Citeras, dan Rangkasbitung.

Aturan itu termasuk aturan jadwal KRL Jabodetabek hanya beroperasi sampai pukul 20.00 WIB mulai hari ini, Kamis (6/5/2021) selama larangan mudik lebaran. KRL hanya beroperasi, pukul 04.00-20.00 WIB.

Komentar