alexametrics

Harga Daging Sapi Terus Naik Jelang Lebaran, Tembus Rp 140.000 per Kilo

Iwan Supriyatna
Harga Daging Sapi Terus Naik Jelang Lebaran, Tembus Rp 140.000 per Kilo
Pedagang berjualan daging sapi di Los Daging Pasar Ciroyom, Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/1/2021).ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Jelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri, harga daging sapi di Pasar Induk Cianjur (PIC) terus naik tembus ke harga Rp 140.000 per kilogram.

Suara.com - Jelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri, harga daging sapi di Pasar Induk Cianjur (PIC) terus naik tembus ke harga Rp 140.000 per kilogram.

Pedagang daging sapi PIC, Dani (42) mengatakan, harga daging sapi saat ini mencapai Rp 140.000 dan kenaikan pun sudah berlangsung dari sejak 26 April lalu secara berangsur.

“Sekarang harganya Rp140 ribu, sebelumnya sih masih bisa Rp110 ribu atau Rp120 ribuan. Tapi daging sapi memang sudah naik sejak awal puasa kemaren,” tuturnya ditulis Rabu (12/5/2021).

Ia memprediksi harga daging sapi masih akan tinggi mengingat permintaan semakin meningkat dan banyak pembeli memburu daging sapi sebagai sajian saat Idul Fitri nanti.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Bogor Jelang Lebaran Mulai Naik

“Pembeli makin banyak tiap hari. Makanya kalau enggak dari pagi, pasti enggak bakal kebagian. Pembeli juga macam-macam, ada yang beli satu kilo, ada juga yang sampai 10 kilogram,” ujarnya.

Berbeda dengan harga daging sapi yang terus naik, daging ayam untuk saat ini masih terpantau normal.

Seperti yang dituturkan oleh pedagang ayam, Kusnadi (38). Ia mengatakan, untuk saat ini harga daging yang ia jual masih berkisar di harga Rp 40 ribu.

Harga tersebut, lanjutnya, masih terbilang normal dan sama saat di awal bulan Ramadan.

“Harga daging ayam saat ini Rp 40 ribu ya bisa lah jadi Rp 38 ribu. Masih normal gak beda jauh dengan harga pas awal bulan puasa,” bebernya.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Bandar Lampung Tembus Rp 145 Ribu/Kg

Penjualan daging ayam di tahun ini, lanjutnya, memang sedikit meningkat dibandingkan 2020 lalu. Di mana masa pandemi Covid-19 sedang meningkat tajam dan banyak pelarangan.

“Tahun ini alhamdulilah ada peningkatan lagi. Pembeli juga lumayan lah daripada dengan tahun kemarin, kondisi benar-benar sulit,” ucapnya.

Namun demikian, untuk besok belum juga bisa dipastikan harga daging ayam akan masih normal atau mulai naik.

“Kalau mengalami kenaikan juga gak bakal terlalu besar, paling dengan harga Rp42-43 ribu. Enggak bakal jauh-jauh daging ayam mah,” pungkasnya.

Berita ini sebelumnya dimuat Cianjurtoday.com jaringan Suara.com dengan judul "Harga Daging Sapi Terus Naik, Hari Ini Berkisar Rp140 Ribu per Kilogram"

Komentar